Korsel dan Korut Buka Kantor Penghubung Gabungan di Kota Perbatasan

Korsel dan Korut Buka Kantor Penghubung Gabungan di Kota Perbatasan Ilustrasi

Covesia.com - Korea Utara dan Korea Selatan, Jumat (14/09/2018), membuka kantor penghubung gabungan di kota Korea Utara, Kaesong, saat kedua pihak mempererat hubungan menjelang kunjungan Presiden Moon Jae-in ke Pyongyang pekan depan.

“Babak baru dalam sejarah dibuka di sini hari ini,” ujar Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung-gyon dikutip Antara di Jakarta.

“Kantor penghubung ini adalah simbol perdamaian lain yang bersama-sama dibangun oleh Korea Selatan dan Korea Utara.”

Bangunan itu meliputi kantor Korea Utara dan Selatan yang terpisah dan ruang konferensi gabungan, dan ditujukan untuk memudahkan pertukaran lintas batas menyusul KTT Panmunjom antara Presiden Moon Jae-in dan Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, ungkap Kementerian Unifikasi.

Seoul dan Pyongyang telah mengupayakan proyek gabungan di berbagai bidang sejak KTT mereka di Zona Denuklirisasi yang membagi semenanjung tersebut, meski upaya AS untuk memastikan kemajuan nyata dalam denuklirisasi Korea Utara terhenti.

Presiden Moon dijadwalkan akan berada di ibu kota Korea Utara pada Selasa untuk kunjungannya selama tiga hari, pertemuan ketiganya dengan Kim Jong Un tahun ini, setelah dia mengupayakan penurunan sengketa diplomatik di semenanjung dan menengahi KTT antara Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump di Singapura pada Juni.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga