Pentagon Cegat Dua Pesawat Pengebom Rusia di Barat Alaska

Pentagon Cegat Dua Pesawat Pengebom Rusia di Barat Alaska Ilustrasi pesawat tempur (Mirror)

Covesia.com - Pentagon, Jumat (14/09/2018), mengajukan protes setelah pesawat tempur Amerika Serikat (AS) mencegat dua pesawat pengebom Rusia di barat Alaska, dalam insiden terbaru dari jenisnya.

Pesawat tempur F-22 Raptor dari NORAD mecegat dan mengidentifikasi pesawat pengebom jarak jauh Tupolev Tu-95 "Bear" semalam pada Selasa, ujar komando gabungan AS-Kanada.

Dikutip Covesia dari Antara, pesawat pengebom turboprop bermesin empat era Perang Dingin yang dapat membawa senjata nuklir itu dikawal oleh dua pesawat tempur Su-35 Rusia, ungkap NORAD dalam sebuah pernyataan pada Kamis, seraya menambahkan bahwa pesawat Rusia berada di wilayah udara internasional dan tidak pernah memasuki zona AS atau Kanada.

Pesawat NORAD mengikuti pesawat Rusia sampai mereka meninggalkan zona identifikasi pertahanan udara.

Insiden itu terjadi selama latihan militer terbesar Rusia, Vostok-2018, dengan hampir 300.000 pasukan dan semua jenis peralatan militer di Siberia timur.

Komandan NORAD Jenderal Terrence O'Shaughnessy mengatakan dia tidak menganggap insiden itu sebagai “bagian langsung Vostok meski sangat berhubungan dengan itu.”

Pada Mei, pesawat tempur AS juga mencegat dua pesawat pengebom Bear Rusia di wilayah udara internasional di lepas pantai Alaska barat.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga