Turki Desak Israel Segera Hentikan Serangan di Gaza

Turki Desak Israel Segera Hentikan Serangan di Gaza Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (dailymail)

Covesia.com - Turki mendesak Israel untuk “segera menghentikan” serangan ke Jalur Gaza, serta mengimbau komunitas internasional untuk bertindak seiring meningkatnya kekerasan yang terancam berubah menjadi konflik besar-besaran, Selasa (13/11).

“Israel harus segera menghentikan serangannya terhadap penduduk Gaza,” kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin yang dikutip kantor berita negara Anadolu.

“Komunitas internasional, yang diam saja di tengah serangan Israel, harus bertanggung jawab dan bertindak,” imbuhnya.

Serentetan tembakan roket dan mortir ke Israel dan serangan udara Israel ke Gaza pekan ini terancam memicu perang baru antara kedua belah pihak.

Sebanyak enam warga Palestina tewas dalam waktu kurang dari 24 jam, saat Israel melancarkan serangan yang menargetkan militan. Sementara itu, puluhan warga terluka di Israel menyusul tembakan roket dan mortir dari Jalur Gaza. Seorang warga Palestina yang tinggal di Israel selatan juga tewas.

Lonjakan kekerasan dikhawatirkan akan memicu perang keempat dalam 10 tahun antara Israel dan penguasa Jalur Gaza, Hamas.

Sebagai pendukung setia Palestina, Ankara sering mengkritik kebijakan Israel, meskipun hubungan antara Turki dan Israel membaik pada 2016 setelah krisis diplomatik selama beberapa tahun. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga