Turki Serukan Penyelidikan Internasional Kasus Pembunuhan Khashoggi

Turki Serukan Penyelidikan Internasional Kasus Pembunuhan Khashoggi Jamal Khashoggi. Sumber: mirror.co.uk

Covesia.com - Turki menyerukan penyelidikan internasional terhadap kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul bulan lalu.

“Pada tahap ini kami yakin bahwa penyidikan internasional merupakan keharusan,” kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, seperti yang dikutip kantor berita nasional Anadolu, Kamis (15/11/2018).

Kritikus Putra Mahkota Mohammed bin Salman sekaligus kolumnis Washington Post itu terakhir terlihat memasuki konsulat Arab Saudi pada 2 Oktober untuk mendapatkan dokumen pernikahaannya.

Media Turki telah memublikasikan rincian pembunuhan yang mengerikan. Menurut seorang jaksa Turki, Khashoggi dicekik dan dimutilasi sesaat setelah memasuki konsulat.

Setelah beberapa kali menyangkal, Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa jurnalis berusia 59 tahun itu dibunuh di komplek tersebut.

Turki pada awalnya memprioritaskan kerja sama dengan Arab Saudi, saat Riyadh pada bulan lalu mengutus kepala jaksanya ke Istanbul untuk membahas kasus itu dengan otoritas Turki dan memeriksa konsulat yang menjadi lokasi pembunuhan.

Namun, pejabat Turki meragukan apakah Arab Saudi benar-benar mau bekerja sama dalam penyelidikannya atau tidak.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga