Korut Diketahui Perluas Basis Rudal Jarak Jauh dari Citra Satelit

Korut Diketahui Perluas Basis Rudal Jarak Jauh dari Citra Satelit Rudal Korut. sumber: defenseupdate

Covesia.comĀ - Korea Utara memperluas basis rudal jarak jauh dalam beberapa bulan sejak pertemuan antara pemimpin negara itu Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, menurut citra satelit yang diterbitkan CNN pada Rabu (5/12/2018).

Menurut CNN, Pyongyang telah memperluas pangkalan rudal Yeongjeo-dong di pedalaman pegunungan Korea Utara dan telah membangun fasilitas lain yang sebelumnya tidak pernah diungkapkan kepada publik.

Para ahli mengatakan kepada jaringan berita AS tersebut bahwa lokasi yang strategis itu membuat wilayah pegunungan tersebut cocok menjadi basis rudal jarak jauh terbaru Korea Utara, termasuk yang dapat dipasang hulu ledak nuklir.

Pentagon melalui sebuah pernyataan mengatakan: "Kami mengamati Korea Utara dengan cermat tetapi kami tidak dapat membahas intelijen."

Pada Sabtu, Trump mengatakan bahwa dia berharap dapat mengatur pertemuan kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada awal 2019.

Kedua pemimpin tersebut sebelumnya bertemu di Singapura pada Juni dan menandatangani dokumen samar yang berjanji untuk "bekerja menuju" denuklirisasi penuh semenanjung Korea, meskipun tidak menyebutkan secara detail upaya tersebut.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga