Israel Desak UNIFIL Hancurkan Terowongan Hizbullah di Perbatasan

Israel Desak UNIFIL Hancurkan Terowongan Hizbullah di Perbatasan Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Tentara Israel meminta pasukan penjaga perdamaian PBB yang beroperasi di seberang perbatasan di Lebanon untuk menghancurkan terowongan yang menurut militer dibangun oleh Hizbullah di perbatasan, Kamis (6/12/2018).

Israel meluncurkan operasi yang dijuluki "Perisai Utara" pada Selasa untuk menghancurkan terowongan yang menurut mereka digali melintasi perbatasan oleh kelompok militan Syiah, Hizbullah.

Ketika operasi berlanjut pada Kamis, militer mengatakan pihaknya telah menghubungi pasukan penjaga perdamaian PBB (UNIFIL) yang memantau wilayah perbatasan mengenai terowongan yang berasal dari sisi perbatasan Lebanon.

Militer Israel memberikan UNIFIL peta wilayah di sekitar desa Ramieh tempat rumah-rumah ditandai, yang "terhubung dengan terowongan serangan lain yang digali dari Lebanon ke Israel," ungkap juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus. Terowongan itu terhubung ke Israel tetapi belum beroperasi, ujarnya.

Yoel Strik, kepala komando pasukan utara, menuntut pasukan PBB agar "bertindak, menyelidiki, dan memastikan untuk menetralkan jalur terowongan serang itu" dalam sebuah diskusi dengan kepala misi penjaga perdamaian Stefano Del Col.

Pascapeluncuran operasi "Perisai Utara", UNIFIL pada Selasa mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan patroli tetapi mencatat bahwa daerah itu masih tenang.

Israel belum merinci berapa banyak terowongan yang terdeteksi, meskipun Cornicus pada Kamis mengatakan tentara berjaga di tiga wilayah berbeda di sepanjang perbatasan.

Operasi tersebut merupakan bagian dari kampanye Israel yang lebih luas terhadap Hizbullah yang didukung Iran, termasuk tindakan untuk menghancurkan gudang senjata kelompok itu.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga