Nurani Perempuan Desak RUU PKS Segera Disahkan

Nurani Perempuan Desak RUU PKS Segera Disahkan Direktur Nurani Perempuan Women's Crisis Center, Yefri Heriani (Foto: Doni Syofiadi/Covesia)

Covesia.com - Direktur Nurani Perempuan Women's Crisis Center, Yefri Heriani mendesak Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) untuk segera disahkan. Yefri menilai kasus kekerasan seksual di Indonesia terus mengalami peningkatan.

"Melihat fakta yang ditemukan Nurani Perempuan, kasus kekerasan seksual semakin hari semakin peningkat. Oleh karena itu kami menyatakan RUU PKS untuk harus segera disahkan," ujar Yefri kepada Covesia.com usai diskusi buku 'Qiraah Mubadalah', di Padang, Sumatera Barat, Senin (11/2/2019).

Yefri menilai pentingnya RUU PKS guna pencegahan terjadinya kekerasan seksual dan penanganannya dapat dilakukan.

"Dengan disahkannya RUU-PKS, bagaimana pencegahan dan penanganan terhadap kasus kekerasan serta pemidanaan pelaku dapat dimaksimalkan," sambung aktivis perempuan itu.

"Kerja-kerja pencegahan itu harus dilakukan secara masih dan terstruktur, sehinggah kerja pencegahan itu tidak hanya memberikan ceramah tetapi juga memberdayakan masyarakat, memberdayakan perempuan terutama keluarga untuk memberitahu bahwa kekerasan seksual itu ada didekat kita."

"Setiap kita punya tanggung jawab untuk memberikan perlindungan, dan salah satu wujud tanggung jawab negara adalah segera mensahkan RUU-PKS," ujarnya.

Yefri menyayangkan tidak adanya aturan yang jelas terkait kekerasan seksual selama ini telah banyak merugikan korban, terutama perempuan.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga