Kemenag: Kolom Agama di KTP Sebaiknya Dipertahankan

Kemenag Kolom Agama di KTP Sebaiknya Dipertahankan

Kendari - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, berharap kolom agama di Kartu tanda Penduduk (KTP) tetap dipertahankan. Sekjen Kemenag RI Nur Syam di Kendari, Selasa (11/11/2014) mengatakan kolom agama tersebut merupakan identitas agama yang dianut oleh setiap warga negara.

"Kolom agama itu penting adanya, karena dengan kolom agama bisa kita mengitahui salah satu identitas warga," kata Nur Syam usai bertatap muka dengan jajaran Kemenag Sultra.

Secara empiris katanya, masyarakat Indonesia adalah masyarakat agamis, sehingga tidak ada salahnya jika kolom agama itu tetap dipertahankan, meskipun saat ini banyak orang yang menginginkan kolom itu dihilangkan. Menurut dia, meskipun wacara penghilangan kolom agama di KTP sudah diwacanakan oleh Mendagri, tetapi pihaknya belum diundang secara formal oleh Mendagri untuk membicarakan bersama terkait kolom agama di KTP tersebut.

"Saya akan sangat setuju jika kemudian Kemenag dan Kemendagri duduk bersama untuk membahas plus minusnya penghilangan kolom agama di KTP ini," katanya. Kemenag katanya, akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak tentang pentingnya keberadaan kolom agama di KTP karena merupakan salah satu identitas warga negara yang agamis. (ant/cal)

Berita Terkait

Baca Juga