Keahlian Tim SAR di Lapangan Harga Mati

Keahlian Tim SAR di Lapangan Harga Mati Petugas SAR memberi peringatan kepada dua remaja, agar berhati-hati saat mandi-mandi di laut. (Muhammad Fitrah/covesia.com)

Pasaman Barat - Kemampuan anggota Search And Rescue (SAR) dalam menghadapi bencana terus ditingkatkan. Anggota dari tiga daerah pos SAR, Agam, Pasaman Barat dan pos SAR Pasaman diberi pelatihan.

Direktur Bina Ketenagaan Pemasyarakatan SAR, Brigjen Suprayogi mengatakan, latihan dan praktek di lapangan terus dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan anggota SAR dalam menghadapi bencana.

Anggota SAR ini juga bertugas melaksanakan pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana alam dan musibah lainnya. Makanya kemampuan SAR selalu dituntut untuk memberikan yang terbaik.

Data yang dihimpun covesia.com, 11 kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat merupakan daerah rawan bencana. Baik bencana banjir, longsor dan abrasi pantai. Seperti Kecamatan Talamau rawan longsor dan banjir, sasak Ranah Pasisie dan Sungai Beremas rawan terjadinya abrasi pantai, begitu juga kecamatan lainnya.

Ia menjelaskan, tujuan pelatihan dari 11 sampai 14 November 2014 itu untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, serta pembentukan sikap mental kepada para peserta.

Dari beberapa kali terjadinya bencana masih menunjukan adanya faktor yang perlu ditingkatkan, terutama fasilitas dan jumlah sumber daya manusia dalam penanggulangan operasi SAR.

"Makanya kita beri pelatihan kepada 40 orang anggota SAR dari tiga daerah tersebut,"ujar Suprayogi saat membuka pelatihan SAR di Simpang Empat, Selasa (11/11/2014).

Koordinator pos SAR Pasaman, Pandu Dinanta menuturkan, pelatihan empat hari itu di pusatkan di pos SAR Pasaman. Kemudian di Balai Diklat Pasaman Barat Kecamatan Talamau dan praktek lapangan panjat tebing di Lubuk Landur Kecamatan Pasaman. (man/gyi)



Koordinator pos SAR Pasaman, Pandu Dinanta, menuturkan pelatihan empat hari itu dipusatkan di pos SAR Pasaman. Kemudian di Balai Diklat Pasaman Barat di Kecamatam Talamau dan praktek lapangan panjat tebing di Lubuk Landur Kecamatan Pasaman. (man/gyi)

Berita Terkait

Baca Juga