PT IKI Gandeng Unhas Buat Kapal Feri Untuk Masyarakat Kepulauan Selayar

PT IKI Gandeng Unhas Buat Kapal Feri Untuk Masyarakat Kepulauan Selayar Ilustrasi (youtube.com)

Covesia.com - PT Industri Kapal Indonesia (IKI) dan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi menciptakan dan membuat kapal feri untuk digunakan sebagai angkutan laut masyarakat Kepulauan Selayar.

Direktur Utama PT IKI Edy Widarto di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, mengatakan proses kerja sama pembuatan kapal feri untuk Kabupaten Kepulauan Selayar akan dimulai pada tahun ini.

"Fakultas Teknik Unhas akan mendesign dan menjadi konsultannya. Sementara kami dari PT IKI yang akan menyelesaikan pembuatan kapal tersebut," katanya.

Ia menjelaskan awal dari lahirnya kerja sama ini juga tidak terlepas dari pertemuan pihaknya bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pada peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar tahun lalu.

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki banyak pulau dan kecamatan yang membutuhkan alat transportasi umum antar kecamatan.

"Pada acara hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar kemarin itu, Pak Gubernur juga hadir dan melihat kondisi Selayar yang memiliki banyak pulau kecamatan," ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Unhas Muhammad Arsyad mengatakan pihaknya memang sejak awal sudah memiliki beberapa rencana kerja sama dengan PT IKI Makassar.

Selain pembuatan kapal feri di Kepulauan Selayar, dirinya juga memiliki rencana untuk membuat kapal nelayan. (Antara)

Berita Terkait

Baca Juga