Banjir Bandang Terjang Situjuah Gadang Limapuluh Kota

Banjir Bandang Terjang Situjuah Gadang Limapuluh Kota Foto: Hajrafiv Satya Nugraha

Covesia.com – Bencana banjir bandang kembali melanda Kabupaten Limapuluh Kota. Kali ini di kenagarian Situjuh Gadang, Kecamatan Situjuh Limo Nagari, Selasa (16/04/2019). Air bah diduga berasal dari luapan mata air di Gunung Sago. Pasalnya, beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan sangat tinggi di gunung ini.

Informasi yang dirangkum covesia.com, air bah ini terjadi pukul 14.50 WIB. Masyarakat mendengar dentuman dan riak air yang cukup keras di aliran sungai. Tak lama setelah itu, air mulai bah mulai tampak mengalir di beberapa aliran sungai di Situjuh Gadang. Beberapa rumah dan hewan ternak tersapu. Belum dipastikan berapa jumalh kerugian maupun korban akibat bencana alam ini.

“Tadi berlangsung cepat dan langsung menyapu apa saja yang dilewati. Beberapa rumah di pinggir sungai terkena dampak air bah ini,” ujar camat Situjuh Limo Nagari, Rahmat Hidayah.

Saat ini masyarakat sedang mengevakuasi diri dan hewan ternaknya ke tempat yang aman. Sedangkan petugas BPBD dan SAR kabupaten Limapuluh Kota tengah menuju lokasi untuk melakukan pertolongan kepada masyarakat.

“BPBD dan SAR sedang menuju kemari. Kejadiannya barusan, sekarang dari segala unsur aparat dan masyarakat sedang bergerak melakukan apa yang harus di lakukan di lokasi,” katanya.

Dari pantauan foto dan video masyarakat yang cepat menyebar di media sosial, tampak beberapa rumah terencam lumpur dan sungai dipenuhi kayu gelondongan. Masyarakat berupaya melakukan pertolongan kepada rumah-rumah dan daerah yang terdampak air bah ini dengan segera.

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha

Berita Terkait

Baca Juga