Ke Jakarta, Emak-emak Bundo Kanduang Sumbar Akan Demo KPU dan Bawaslu

Ke Jakarta Emakemak Bundo Kanduang Sumbar Akan Demo KPU dan Bawaslu Emak-emak Bundo Kanduang Sumbar tengah berangkat menuju Jakarta guna mengikuti orasi ke KPU dan Bawaslu, Selasa (21/5/2019) Besok (Foto: FB Irfianda Abidin)

Covesia.comĀ - Ribuan relawan yang tergabung dalam Emak-emak Bundo Kanduang Sumatera Barat (Sumbar) bersiap untuk menggelar aksi demo di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat di Jakarta, Selasa (21/05) besok.

Kedatangan mereka merupakan lanjutan dari aksi yang telah digelar sebelumnya di KPU Sumatera Barat. Dalam aksinya, emak-emak tersebut meminta keadilan dan kejujuran kepada KPU dan Bawaslu pada hasil Pemilu dan Pileg 2019.

Selain itu, Emak-emak Bundo Kanduang SumbarĀ  juga meminta transparansi kepada KPU dan Bawaslu penyebab kematian Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Hingga kini, sudah lebih dari 500 jiwa yang meninggal akibat dari Pemilu ini," ujar Irfianda Abidin Ketua Kerapatan Adat Minangkabau saat dikonfirmasi Covesia.com via telepon, Senin (20/5/2019).

Irfianda menambahkan, emak-emak itu pergi dengan dana dan inisiatif tersendiri. "Kami ada pergi dengan bus, mobil pribadi dan pesawat," tambahnya.

"Relawan nantinya akan kami sediakan tempat tinggal di jakarta, ada yang di Masjid dan ditempat saudara-saudara," tutur Irfianda.

Lanjut Irfianda, indikasi kecurangan tampak jelas, beberapa masalah muncul dari kesalahan input data C1, sehingga merugikan beberapa pihak.

"Harapan kami terhadap Pemilu tahun ini begitu tinggi, kami besok pergi dengan harapan yang tinggi juga demi menciptakan Indonesia bersih," paparnya.

Hingga berita ini diturunkan, relawan yang tergabung dalam Emak-emak Bundo Kanduang Sumbar sudah ada yang tiba di Jakarta untuk bersiap melaksanakan aksi demo.

Reporter Padang: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga