Meski Tak Ada Aksi, Polisi Tetap Bersiaga di Kantor Bawaslu

Meski Tak Ada Aksi Polisi Tetap Bersiaga di Kantor Bawaslu Ilustrasi

Covesia.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memastikan hari ini tidak ada aksi di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Meski demikian, polisi tetap bersiaga di kantor Bawaslu dan tempat-tempat lain.

"Saya kira sistem pengamanan kita masih sama dengan yang kemarin baik itu di Bawaslu, kemudian di tempat-tempat tertentu yang memiliki potensi kerawanan seperti DPR, kemudian Bawaslu, serta tempat-tempat lainnya," kata Irjen Gatot di depan Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Sementara Kapolda menyampaikan situasi saat ini tergolong kondusif. "Tidak ada hal-hal yang menonjol yang terjadi," katanya.

Gato memastikan hari ini tidak ada aksi massa di depan Bawaslu, sebab, polisi tidak menerima pemberitahuan dari massa. Bila ada massa yang datang ke Bawaslu dipastikan massa 'liar'.

"Hari ini tidak ada, tapi ada kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang dengan liar datang ke sini melakukan tindakan-tindakan anarkis," kata Gatot.

Gatot menegaskan pihaknya akan menindak tegas massa yang melakukan tindakan anarkistits.

"Kita akan lakukan tindakan hukum dengan tegas dan terukur," imbuhnya.

Ia melanjutkan, penyampaian pendapat di muka umum dilindungi oleh undang-undang. Akan tetapi, kegiatan penyampaian pendapat di muka umum harus tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Tidak boleh di negara ini orang-orang melakukan tindakan yang anarki, tindakan-tindakan yang tidak sesuai ketentuan berlaku, negara kita adalah negara hukum," katanya.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga