Di Sidang DK PBB, Menlu Sampaikan Indonesia Tegas Dukung Perlindungan Warga Sipil

Di Sidang DK PBB Menlu Sampaikan Indonesia Tegas Dukung Perlindungan Warga Sipil Menlu Retno Marsudi (setkab.go.id)

Covesia.com - Indonesia menegaskan kembali dukungan di hadapan sidang Dewan Keamanan (DK) PBB untuk memperkuat kemitraan internasional terkait pemajuan perlindungan HAM, khususnya bagi warga sipil dalam konflik bersenjata.

“Indonesia telah proaktif dalam upaya memberdayakan masyarakat Palestina untuk memungkinkan mereka mendapatkan akses yang lebih baik ke kebutuhan dasar,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat memimpin Sidang Terbuka DK PBB mengenai Perlindungan Warga Sipil dalam Konflik Bersenjata (Protection of Civilians in Armed Conflict) di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, Kamis (23/5).

Melalui keterangan tertulisnya, Jumat, Menlu Retno menyebut kontribusi Indonesia selama ini tercermin melalui peran aktif Indonesia dalam mendukung isu perlindungan warga sipil di berbagai forum internasional dan pemberian bantuan teknis kepada berbagai negara di bidang infrastruktur dan tata kepemerintahan yang baik.

Salah satunya, bantuan Indonesia untuk membangun rumah sakit di Gaza yang telah menyediakan perawatan kesehatan yang sangat dibutuhkan serta mengurangi penderitaan warga sipil yang hidup di bawah pendudukan Israel.

Menlu RI juga menekankan pemberdayaan komunitas merupakan elemen kunci peningkatan kapasitas negara dalam perlindungan warga sipil.

Keterlibatan komunitas lokal, termasuk perempuan, dalam merancang dan melaksanakan program perlindungan warga sipil akan lebih efektif dalam pencapaian sasaran.

“Menyadari bahwa perempuan dan anak-anak menghadapi risiko tertinggi dalam situasi konflik, partisipasi perempuan dalam program-program ini akan membantu meningkatkan efektivitas program,” ujar Retno.

(Antara)

Berita Terkait

Baca Juga