Tifatul Sembiring Salah Satu yang Disiapkan PKS untuk Pilgub Sumbar 2020

Tifatul Sembiring Salah Satu yang Disiapkan PKS untuk Pilgub Sumbar 2020 Tiffatul Sembiring. Sumber: dpr.go.id

Covesia.com - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat menyiapkan tiga kader terbaiknya untuk mengikuti pemilihan gubernur 2020.

Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Safar, mengatakan ketiga kader partai tersebut adalah pertama Tifatul Sembiring, Menkominfo di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono .

Kemudian Wali Kota Payakumbuh, Riza Pahlepi, dan Mahyeldi Ansharullah yang baru dilantik menjadi Wali Kota Padang pada 13 Mei 2019 lalu.

"Secara kapasitas mereka dinilai siap untuk mewakili PKS bertarung pada Pilgub 2020 mendatang," katanya, Senin (24/6/2019).

Ia mengatakan dalam dua periode pemilu gubernur Sumbar sebelumnya, PKS sukses menempatkan kadernya menjadi gubernur, yaitu Irwan Prayitno.

Pada pemilihan gubernur 2010, PKS yang berkoalisi dengan Partai Hanura dan PBR membuat pasangan Irwan Prayitno dan Muslim Kasim menjadi gubernur dan wakil gubernur. 

Kemudian pada Pemilihan Gubernur Sumbar 2015, PKS berkoalisi dengan Partai Gerindra mengusung Irwan Prayitno bersama Nasrul Abit. Hasilnya pasangan tersebut berhasil mengungguli pesaingnya yakni pasangan Muslim Kasim dan Fauzi Bahar.

"Irwan Prayitno tidak dapat maju lagi karena sudah dua periode sehingga kita cari kader terbaik lainnya," katanya

Menurutnya dinamika politik hingga Pilgub 2020 masih panjang dan segala kemungkinan dapat terjadi. Maka dari itu pihaknya masih melihat elektabilitas tiga kandidat tersebut.

"Kader terbaik dan mempunyai peluang besar untuk menang yang akan kita usung nantinya. Untuk menentukannya, kita akan melihat hasil survei internal jelang Pilgub nanti," kata dia.

Menurut dia Partai Keadilan Sejahtera dalam pemilu legislatif 2019 berhasil meraup 10 kursi dan hal itu membuat parrtainya harus berkoalisi denga partai lain untuk mengusung pasangan calon Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur Sumbar di Pilgub 2020.

"Kita harus berkoalisi karena syarat minimal mengajukan calon harus 13 kursi di DPRD Sumbar. Dengan siapa PKS berkoalisi, nanti kita lihat karena dinamikanya masih panjang," katanya.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga