Polisi: Perkelahian Sesama ABK Picu Pembajakan KM Mina Sejati di Maluku

Polisi Perkelahian Sesama ABK Picu Pembajakan KM Mina Sejati di Maluku Ilustrasi

Covesia.com - Polisi menyebut pembajakan kapal nelayan KM Mina Sejati di perairan Maluku berawal dari perkelahian sesama anak buah kapal (ABK). Tim gabungan TNI-Polri saat ini berupaya mencari kapal tersebut. 

"Ini kebetulan Polres Arus menerima laporan laporan dari DKP Tual yang mendapat informasi itu dari DKP Tual mereka menerima telepon dari pemilik kapal yang ada di laut, yang menginformasikan bahwa terjadi perkelahian sesama ABK, sehingga ada yang korban sebagian melompat ke laut," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem Ohoirat dikutip Covesia dari detikcom, Senin (19/8/2019).

Baca: Langkah TNI AL Terkait Pembajakan KM Mina Sejati di Laut Aru

"Demikian kalau saya cenderung itu bukan perampokan tapi perkelahian para ABK. Jadi perkelahian antar ABK, sementara saat ini kapal dilakukan pencarian oleh TNI AL dan Polda Maluku jam 9 kita berangkatkan lagi satu kapal yang berisikan dari Brimob dan POl Air untuk mencari kapal tersebut," imbuh dia.

Namun Roem belum bisa memastikan penyebab perkelahian sesama ABK tersebut. Jarak kapal yang sangat jauh menurut Roem menjadi kendala proses penanganan kejadian pembajakan itu.

"Itu yang kita tahu, karena kita dapat informasi demikian, karena mereka itu dari kabupaten aru kota dobo ke TKP itu membutuhkan 16 sampai 20 jam itu kalau cuacanya bagus, sekarang ini cuacanya lagi buruk itu jadi perkara," ujarnya. 

Mengenai jumlah korban, Roem juga belum bisa membeberkan jumlah pasti. Informasi mengenai duua ABK yang dikabarkan meninggal dunia juga didapat polisi dari telepon. 

"Dua yang meninggal dunia itu pun kita dapat laporan dari telepon, untuk kepastian memastikan ini belum tahu cuma kita menerima laporan telepon ada dua yang meninggal," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, KM Mina Sejati dibajak saat berlayar di perairan Maluku. 2 orang tewas dalam peristiwa itu dan diduga pelaku pembajakan adalah ABK dari kapal tersebut.

"Menyampaikan informasi pembajakan dari Korpos SAR dan PSDKP Tual, Maluku bahwa KM Mina Sejati yang di nahkodai Ko Awi yang di bajak di laut oleh 3 orang ABK sendiri," kata Kabasrnas Ambon Muslimin, saat dihibungi detikcom Minggu (18/8).

Pelaku pembajakan KM Mina Sejati itu pun telah teridentifikasi. "Identitas pembajak merupakan ABK KM Mina Sejati sendiri teridentifikasi ada 3 orang atas nama 1. Nurul Huda sebagai masinis 2. Ferri Dwi Lesmana 3. Qersim Ibnu Malik," kata Muslimin.

Berita Terkait

Baca Juga