Sepenggal Kisah Cinta BJ Habibie dan Ainun

Sepenggal Kisah Cinta BJ Habibie dan Ainun Foto: Detik.com

Covesia.com - BJ Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019). Presiden RI ke-3 itu begitu berkesan di dunia perfilman Indonesia.

Ada beberapa film yang digarap mengambil kisah asmaranya dengan Ainun. Melanie Subono, sebagai keluarga, juga percaya kini eyangnya itu tengah melepas kangen dengan Ainun, yang meninggal dunia pada 22 Mei 2010.

Habibie beberapa kali hadir dalam pemutaran film-filmnya. Ia juga berkisah tentang pertama kali melamar Ainun dalam kesempatan itu.

"Waktu saya putuskan untuk melamar Ainun baru tiga hari lo. Saya jalan bersama Ainun di Bandung (waktu itu) terus dia tanya, 'Kamu di Jerman ngapain?'. 'Saya lagi persiapkan buat pesawat terbang. Karena saya punya cita-cita buat pesawat terbang yang memungkinkan tiap manusia Indonesia dari mana saja bisa saling bepergian,'" kisah Habibie kala itu.

"Kalau kamu sudah selesai, kamu mau ke mana?" tanya Ainun dalam ucapan yang ditirukan Habibie.

Menurut Habibie, Ainun punya pemikiran yang sama dengannya. Bila sudah sukses membuat pesawat, Habibie memutuskan mengabdi di Indonesia.

Sedangkan Ainun punya mimpi yang sama untuk bisa mengabdikan dirinya sebagai dokter.

"Saya tanya, 'Kamu mau ngapain?'" ucap Habibie kepada Ainun kala itu.

"Saya akan berusaha menjadi seorang dokter. Saya akan membantu agar manusia Indonesia, anak-anak yang lahir dan dibesarkan itu, bisa berkembang lewat gizi-gizi yang cukup dan berkembang menjadi manusia yang sehat,'" kisah Habibie lagi.

Di momen itu, Habibie kemudian melamar Ainun. Ia ingin bisa didampingi Ainun selama mewujudkan mimpi di Jerman.

"Saya tanya, 'Kamu mau ikut dengan saya ke Jerman? Saya harus menyelesaikan ini'. Begitu dimulainya (melamar)," ungkap Habibie.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga