Kembali Turun, Harga Cabai di Agam Capai Rp30 Ribu per Kilogram

Kembali Turun Harga Cabai di Agam Capai Rp30 Ribu per Kilogram Pedagang Cabai di salah satu Pasar di Agam ( Foto: Covesia/ Jihan)

Covesia.com - Harga cabai merah di sejumlah Pasar tradisional di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sudah kembali stabil.

Pantaun Covesia.com di sejumlah pasar di kecamatan Lubuk basung, Tanjung Raya dan Matur harga si merah pedas pekan ini turun hingga Rp30 ribu yang minggu lalu Rp55.000/ Kg.

"Harga cabai sudah turun secara berkala selama 3 minggu terakhir, sebelumnya Rp70 Ribu, turun 55 Ribu dan sekarang sudah Rp30 Ribu/Kg," ujar nita (42) salah seorang pedagang saat di konfirmasi Covesia.com, Kamis (19/9/2019).

Dijelaskan Nita, berkurangnya harga dipasaran dipengaruhi dengan meningkatnya hasil panen petani di beberapa kecamatan di Kabupaten Agam, seperti Matur, Banuhampu, Candung dan Ampek Koto.

selain itu juga kurangnya harga jula cabe juga disebabkan  banyaknya pasokan cabai yang datang dari luar daerah. "Saat ini kita bisa memesan dalam jumlah besar ke pedangan pengumpul di pasar sentral sayur Padang Lua Banuhampu, berbeda saat stock menipis permintaan kita terpaksa dibatasi," lanjutnya.

Menurut Nita untuk beberapa pekan kedepan harga jual cabai di pasaran maaih mengalami penurunan, hal tersebut di prediksi dengan semakin meningkatnya jumlah hasil panen para petani.

"Hasil panen petani sepertinya masih terus meningkat mengingat curah hujan tidak terlalu tinggi dan Biasanya harga cabai itu takan terus turun untuk beberapa minggu depan," terangnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga