Warga Padang Nunang Temukan Artefak Diduga Peninggalan Zaman Hindu-Budha di Pasaman

Warga Padang Nunang Temukan Artefak Diduga Peninggalan Zaman HinduBudha di Pasaman Sumber: facebook.com/minang.official via Rada Putri, Indra Asia Abdi bonjol dll

Covesia.com - Masyarakat Kabupaten Pasaman dihebohkan oleh penemuan sebuah artefak terbuat dari batu berukuran sekitar 80 cm dari dasar Sungai Batang Sibanail Kampung Padang Nunang, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan sekitar pukul 16.00 WIB pada Jumat (27/9/2019).

Warga setempat, Isap (27) yang menemukan patung tersebut mengatakan diduga benda sisa purbakala. 

"Saat ini patung tersebut sudah kami angkat bersama warga ke pinggir Sungai Batang Sibinail tersebut. Patung itu diketahui memiliki berbagai corak wajah tertentu dibagian dinding patung. Diperkirakan beratnya mencapai 100 Kilogram," terang Isap ketika dikonfirmasi oleh Covesia.com, Jumat malam.

Penemuan Patung yang diduga sisa Purbakala itu berawal dari saat dia bersama temannya Aat (15) pergi ke Sungai Batang Sibinail hendak memancing Ikan.

"Saat kami hendak menyeberang Sungai tersebut, kami lihat di dasar sungai ada sebuah batu yang bercorak ternyata sebuah patung yang diduga sisa purbakala. Selanjutnya kami sampaikan kepada warga setempat dan mengangkatnya bersama-sama dari dasar sungai dengan melibatkan 15 orang warga. Karena patung yang terbuat dari batu itu memang sangat berat," tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Dispendikbud Pasaman, Ari mengatakan akan turun ke lokasi untuk memastikan patung sisa Purbakala tersebut.

"Kami sudah menerima laporan dari masyarakat setempat Jumat sore. Insya Allah besok (28/9) kami bersama petugas bagian Kebudayaan akan turun ke lokasi. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Pemprov untuk melakukan penelitian terhadap patung tersebut," tutupnya.

(her/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga