JK: Guru adalah PNS Paling Terhormat

JK Guru adalah PNS Paling Terhormat Jusuf Kalla, matan wakil presiden Indonesia sedang memberikan pidatonya saat penganugrahan gelar Honoris Causayang diberikan UNP terhadap dirinya di Auditorium Universitas Negeri Padang, Kamis (5/12/2019)(Foto :Covesia/Laila)

Covesia.com - Pendidikan yang bermutu baik dihasilkan oleh guru yang baik. Oleh sebab itu Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) perlu terus dihasilkan.

"Guru sering disebut sebagai pahlawan jika bekerja melewati tanggung jawab formalnya. Tak salah bila disebut guru adalah PNS terbaik," ungkap mantan wakil presiden Indonesia, Jusuf Kalla saat penganugrahan gelar Honoris Causa pada dirinya di Universitas Negeri Padang, Kamis (5/12/2019).

Hal tersebut JK katakan, karena guru memiliki jasa yang besar terhadap pendidikan dan mutu pendidikan. Namun, ia menyayangkan masih banyak guru swasta dan honorer yang bergaji kecil.

"Kita berterima kasih pada pengabdian guru, tanpa guru mustahil dihasilkan pendidikan dan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru amat dibutuhkan tidak hanya sementara waktu akn tetapi secara terus menerus," ungkapnya.

Suami Mufidah Jusuf Kalla ini mengatakan bahwa guru yang sebenar-benar guru adalah yang mencintai profesinya. "Tidak hanya untuk kepentingan duniawi, tetapi juga kepentingan ukhrawi," terangnya.

JK mengatakan  bahwa menjadi guru adalah ibadah dan amal yang mulia. Karena mengajarkan dan menyampaikan ilmu kepada anak-anak didik adalah ibadah dan amal jariah.

Di akhir pidatonya, JK mengimbau untuk terus meningkatkan kesejahteraan guru dan membenahi kualitas guru. Sebab dikatakannya tanpa adanya guru yang bermutu tinggi, berjiwa pengabdian yang tinggi dan menjalankannya tugas kependidikan sebagai ibadah , sulit tercapainya mutu pendidikan nasional.

Kontributor: Laila Marnia



Berita Terkait

Baca Juga