Gubernur Irwan Seharusnya Batalkan ke Kolombia dan Kunjungi Warga Terdampak Bencana

Gubernur Irwan Seharusnya Batalkan ke Kolombia dan Kunjungi Warga Terdampak Bencana Muhammad Taufik

Covesia.com - Sosiolog UIN Imam Bonjol, Muhammad Taufik, mengatakan bahwa Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, seharusnya datang ke lokasi bencana yang ada di Solok Selatan, dan membatalkan kunjungan kerjanya yang ke Kolombia. 

"Ketika seorang pemimpin itu punya empati, pasti dia akan membatalkan sebagai bentuk rasa duka. Apalagi kalau ada korban nyawa. Kan gitu," ujarnya saat dihubungi Covesia.com, Senin (16/12/2019). 

Taufik mengatakan bahwa, secara hierarki dan pembagian tugas, sebenarnya, sah-sah saja Irwan Prayitno menugaskan wakil gubernurnya, Nasrul Abit, untuk mengunjungi Solok Selatan. Kata Taufik, gubernur sebagai sebuah lembaga negara boleh saja diwakili oleh kedatangan wakil gubernur. 

Tetapi, kata Taufik, kehadiran gubernur di lokasi bencana bisa memberikan "sitawa-sidingin" kepada korban bencana. Kehadiran Irwan Prayitno di Solok Selatan sangat penting karena beliau adalah seorang pemimpin. Selain itu, kehadiran Irwan Prayitno juga bertujuan untuk menunjukkan rasa kemanusiaan. 

"Kehadiran Nasrul Abit itu berbeda dengan kehadiran gubernur," jelasnya. 

Taufik mempertanyakan sejauh mana signifikansinya kunjungan kerja Irwan Prayitno ke Kolombia. Dia mengatakan bahwa kunjungan gubernur ke Solok Selatan jauh lebih penting daripada ke sana. Taufik bahkan berpikir seharusnya Irwan Prayitno tidur di kawasan tempat terjadinya bencana. 

Dia mengatakan, untuk kunjungan kerja ke Kolombia, Irwan Prayitno bisa saja menugaskan wakil gubernur  atau bawahannya yang lain. "Mengapa dia tidak diwakilkan saja ke situ? Nasrul Abit yang ke situ, dan dia yang ke Solok Selatan," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade men-tweet di Twitter-nya, "Tanggap darurat Solsel di mulai dr 22 November. Hari ini tgl 16 Desember. Gubernur Sumbar sampai sekarang belum juga datang ke Lokasi Bencana. Bahkan yg bersangkutan bisa berangkat ke Kolombia. Apakah mungkin Solsel jaraknya lebih jauh dr pada Kolombia bagi Gubernur Sumbar???"

Menanggapi hal tersebut, Kepala Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal, mengatakan bahwa, secara fisik, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memang tidak datang ke lokasi bencana Solok Selatan. Tetapi, secara institusi, Irwan Prayitno telah datang ke daerah yang disebut sebagai Nagari Seribu Rumah Gadang tersebut.

"Jadi, dalam sistim pemerintahan, gubernur selalu ada. Untuk Solok Selatan, yang datang kan wakil gubernur. Wakil Gubernur itu mewakili gubernur, mewakili Pemerintah Provinsi Sumbar," ujarnya.

Baca Juga: Kembali Sentil Irwan, Andre Rosiade Disebut Cari Popularitas

Sementara itu, Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal kepada covesia.com mengungkapan bahwa Irwan Prayitno memang secara fisik tidak datang mengunjugi warga korban bencana di Solok Selatan. Namun, secara institusi gubernur telah menugaskan Wagub Nasrul Abit untuk mengunjungi dan memberikan bantuan yang diperlukan.

“Wagub atas nama Pemrov Sumbar sudah dating dan membawa bantuan Rp300 juta, berton-ton beras, dan peralatan lainnya yg dibutuhkan masyarakat,” kata Jasman

Kontributor: Fakhruddin Arrazzi

Berita Terkait

Baca Juga