Rafflesia Terbesar di Dunia Tumbuh di Agam, Diprediksi Berdiameter 117 Cm di Hari Ketiga

Rafflesia Terbesar di Dunia Tumbuh di Agam Diprediksi Berdiameter 117 Cm di Hari Ketiga Sumber: BKSDA Resor Agam

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumbar memrediksi, bunga Rafflesia Tuan-mudae yang tumbuh dan mekar di Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, mekar sempurna dengan diameter 117 Cm. Prediksi ini didasarkan setetelah observasi tim di hari kedua, Selasa (31/12/2019).

Kasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan melalui Unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Ade Putra mengatakan, hasil pengukuran pada hari kedua pada bunga langka tersebut memiliki diameter 111 Cm, ukuran tersebut lebih besar dari yang diprediksi yaitunya 110 Cm.

"Mekar sempurna terjadi pada hari ketiga, tentunya ukurannya akan bertambah, kita memprediksi bisa mencapai 117 Cm," ujarnya kepada Covesia.com.

Dijelaskan Ade, Pada 2017 lalu, di lokasi yang sama, Bunga Rafflesia jenis Tuan-mudae juga mekar dengan diameter 107 Cm. Ukuran tersebut tercatat sebagai ukuran terbesar di dunia mengalahkan Rafflesia jenis tuan-mudae yang tumbuh di Filipina.

"Ukuran 107 saat ini sudah dilampaui, kita akan melakukan pengukuran kembali esok hari, dan diprediksi akan bertambah," terangnya.

Ade mengakui, Bunga Rafflesia Tuan-mudae ini merupakan satu-satunya tumbuh di Indonesia. Biasanya sering ditemukan Malaysia, ujar dia. 

Dari bentuknya, Rafflesia Tuan-mudae merupakan species yang hampir mirip dengan Rafflesia Arnoldii 

Namun, berdasarkan hasil penelitian dan eksplorasi yang dilakukan oleh Agus Susatya pada Oktober 2017, terdapat beberapa perbedaan morfologi atau fisik, antara jenis rafflesia di Cagar Alam Maninjau dengan Arnoldii. 

"Perbedaannya seperti warna kelopak atau perigon, kalau Arnoldii lebih ke oranye sedangkan Tuan-mudae ke arah merah maron," ulasnya.

Kemudian pada jenis Tuan-mudae memiliki pola putih atau bercak pada kelopak bunga sedangkan Arnoldii bercak ganda atau besar dan kecil.

(han/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga