Bank Nagari Cabang Painan, Kucurkan KUR Hampir Rp40 Miliar Selama 2019

Bank Nagari Cabang Painan Kucurkan KUR Hampir Rp40 Miliar Selama 2019 Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Painan, Afni Can, didampingi Zidel Leon, Kasi Kredit Komersil di Painan. Foto: Indra Yen

Covesia.com - Bank Nagari Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menguncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 92 persen sepanjang tahun 2019. Kucuran dana tersebut hampir memenuhi target yang ditetapkan yakni Rp40 miliar.

Wakil Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Afni Can mengatakan, kucuran KUR di tahun 2019 lalu, sedikit kurang dari target yang ditetapkan sebesar 40 miliar.

"Artinya, KUR yang direalisasikan selama 2019 sebesar Rp37 miliar atau 92 persen. Dan jumlah tersebut memang tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Tapi, peningkatan kali ini jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya pada 2018 lalu," sebutnya kepada Covesia.com, Jumat (24/1/2020).

Ia menerangkan, dari jumlah KUR yang dikucurkan, terdapat jumlah nasabah yang menerima pinjaman KUR sebanyak 355 nasabah.

"Nasabah yang menerima pinjaman itu, terbagi dari dua sektor yaitu mikro dan ritel," jelasnya

Jadi katanya, pada tahun 2019 itu, untuk sektor usaha mikro, KUR yang dikucurkan kepada nasabah dialokasikan sebesar Rp25 juta per nasabah. Sedangkan, untuk sektor usaha ritel, dialokasikan paling besar Rp500 juta.

Sementara, untuk tahun 2020, alokasi dana KUR tahun ini meningkat dari tahun lalu, bagi nasabah yang mengajukan pinjaman dari sektor mikro.

"Tahun ini KUR Mikro, dialokasikan sebesar Rp50 juta, dan itu meningkat dari tahun lalu yang hanya dialokasikan sebesar Rp25 juta per nasabah. Sedangkan, untuk KUR Ritel masih sama yaitu (maksimal) sebesar Rp500 juta," ujarnya

Ia menambahkan, selain peningkatan kucuran dana untuk nasabah dari dua sektor itu, tahun ini suku bunga KUR juga turun dari 7 persen menjadi 6 persen.

"Nah, hal itu bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam meningkatkan dan menunjang usaha milik masyarakat," ujarnya lagi

Lanjutnya, untuk pencairan pihaknya dari Bank Nagari juga akan mempermudah dan mempercepat pencairan ajuan pinjaman nasabah, sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

"Nasabah harus melengkapi beberapa syarat yang ditentukan di antarnya, KTP suami-istri, pas foto, foto kopi KK dan buku nikah. Selain itu, berkas lainnya yang harus dipersiapkan yaitu surat keterangan usaha dari desa, wali nagari, NPWP, dan foto kopi agunan yang akan diajukan," tutupnya.

(idy/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga