BI Gelontorkan Rp4,5 Miliar untuk Ditukarkan ke Wilayah 3T di Pulau Sumatra

BI Gelontorkan Rp45 Miliar untuk Ditukarkan ke Wilayah 3T di Pulau Sumatra (Foto: Laila Marni/Covesia)

Covesia.com - Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut mengadakan ekspedisi layanan kas dan edukasi ke kepulauan 3T wilayah Sumatera. Ekspedisi tersebut diikuti oleh 16 casier Bank Indonesia dan direncanakan menghabiskan waktu 7 hari.

Kepala Bank Indonesia Wilayah Sumbar, Wahyu Pratama mengatakan ekspedisi ini sudah sering dan rutin dilakukan setiap tahunnya. "Semenjak 2016, ekspedisi ini dilakukan BI berkerjasama dengan TNI Angkatan Laut," ungkapnya saat menyampaikan sambutan di acara pelepasan tim yang akan berekspresi di Pangkalan Utama TNI angkatan laut II, Padang, Jumat (14/2/2020).

Dikatakan Wahyu, Kami melakukan sosialisasi dan bantuan sosial. Kas keliling berhenti di 5 titik di Mentawai dan, di Medan dan Aceh, kita kembali finish Lantamal II Padang," ujarnya.

Ditambahkan Wahyu, ekspedisi ini berguna agar mereka masyarakat yang tinggal di daerah 3T mendapat uang yang layak edar.

"Modal yang dibawa 4,5 milyar dan kami berharap merata ditukarkan di seluruh titik," jelasnya.

Selama 7 hari ke depan tim ini akan bergerak ke daerah yang di tuju seperti Mentawai, Sibolga, serta Aceh. Direncanakan kembali tanggal 21 Februari mendatang.

Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi tim salah satunya ialah cuaca buruk. Namun ia mendoakan bisa berjalan baik dan lancar dan memebrikan manfaat untuk masyarakat. "Ini tugas BI mendorong lancarnya perekonomian Nasional. Masyarakat bisa bertransaksi dengan uang yang layak," tegasnya.

Sementara itu, komandan Lantamal II David Santoso menambahkan bahwa tim yang berangkat kapal  

KRI KURAU yang biasa digunakan untuk patroli.

"Kondisi geografis Indonesia kepulauan, jadi perlu peran TNI angkatan laut dalam mendukung kegiatan pemerintah ini," tambahnya.

Ini sebuah tugas lantamal akan berpatroli untuk antisipasi. Mudah-mudahan cuaca sampai akhir ekspedisi akan baik-baik saja," tutupnya.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga