Pernyataan Sikap MKKS SMA Sumbar Soal Kasus Hukum Pembina Pramuka SMPN Turi

Pernyataan Sikap MKKS SMA Sumbar Soal Kasus Hukum Pembina Pramuka SMPN Turi Ketua MKKS SMA Sumbar Syafruddin

Covesia.com - Ketua Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Sumatera Barat Syafruddin meminta Kapolda Yogyakarta memperlakukan pembina Pramuka SMPN 1 Turi secara manusiawi. 

Ia mengutuk tindakan oknum penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Yogyakarta yang menggiring mereka tanpa alas kaki dan menggunduli kepala pelaku.

Hal tersebut dijelaskan secara tertulis oleh Syafruddin mengenai pernyataan sikap MKKS terhadap permasalahan hukum pembina Pramuka. Ia menilai tindakan tersebut mencederai cita dan marwah mereka sebagai guru dan pendidik.

"Kami berharap pembina Pramuka SMPN 1 Turi mendapat perlindungan hukum, perlindungan permasalahan tugas, dan perlindungan kesehatan kerja," ungkapnya kepada Covesia saat dihubungi via WhatsApp, Jumat (28/2/2020).

Ditambahkan Syafruddin, perlindungan hukum tersebut bersangkut dengan tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, perlakuan tidak adil, baik itu dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi dan pihak lainnya.

Namun demikian, MKKS mendukung pihak kepolisian melakukan proses hukum sesuai KUHP, di manapembina Pramuka lalai dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga dengan kelalaian tersebut terdapat korban jiwa dan luka-luka.

Selain itu dalam pernyataan sikap tersebut, ketua MKKS ini meminta Mentri pendidikan dan kebudayaan untuk menugaskan pejabat relevan untuk melakukan investigasi secara komprehensif.

"Kami juga meminta pada organisasi profesi seperti PGRI, IGI, FAGI dan organisasi kepala sekolah agar ada pendamping hukum bagi pembina Pramuka SMPN 1 Turi," ungkapnya.

Syafruddin mengimbau pada guru SMPN 1 Turi untuk tegar dan sabar menghadapi masalah ini dan tidak terpancing dengan isu-isu yang berkembang.

"Kami berbelasungkawa terhadap korban bencana ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan diterima olehNya," ujarnya

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga