Warga Bukittinggi Positif Covid-19, MUI Terbitkan Maklumat Ganti Salat Jumat dengan Salat Zuhur

Warga Bukittinggi Positif Covid19 MUI Terbitkan Maklumat Ganti Salat Jumat dengan Salat Zuhur Kantor MUI Bukittinggi (Foto:Istimewa)

Covesia.com - Majelis ulama Indonesia (MUI) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menerbitkan maklumat dalam menyikapi perkembangan wabah Covid-19 di kota itu tertanggal 26 Maret 2020.

Dalam maklumatnya MUI Bukittinggi menyebut penyebaran Covid-19 semakin meningkat dan membahayakan warga Bukittinggi. 

Apalagi Bukittinggi menjadi salah satu destinasi wisata yang masih dikunjungi oleh orang-orang dari luar kota meskipun objek wisata di Bukittinggi telah ditutup. 

Serta banyaknya perantau yang pulang kampung yang cenderung tidak terpantau. 

Baca juga: Hasil Lab Atas 4 dari 12 PDP di RSAM Bukittinggi Dinyatakan Positif Covid-19

Dengan mengingat kondisi demikian, MUI Bukittinggi memutuskan untuk tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid/surau/musala dan tidak melakukan kegiatan yang menghimpun umat. 

Tidak menyelenggarakan salat Jumat dan menggantinya dengan salat zuhur di rumah masing-masing. 

Tidak menyelenggarakan salat fardu di masjid, tidak menyelenggarakan kegiatan pengajian lainnya dan menghimbau tetap mengumandangkan azan pada lima waktu salat dengan menambahkan di akhir azan dengan lafas "Shallu fii buyuutikum." 

Menghimbau umat islam untuk membaca Al-quran dan doa qunut setiap salat fardu dan menghentikan aktivitas dakwah oleh dai di Bukittinggi. 

Di samping itu MUI Bukittinggi juga merekomendasikan larangan berbagai bentuk keramaian yang berpotensi dalam penularan Covid-19.

(deb) 

Baca juga: Dalam Waktu Berdekatan, di Sumbar Kasus Positif Covid-19 Menjadi 5 Orang

Berikut isi lengkap maklumat MUI Bukittinggi



Berita Terkait

Baca Juga