5 Positif COVID-19 Sumbar, Jasman: 4 Dirawat RSAM Bukittinggi, 1 Orang di RSUP M Djamil

5 Positif COVID19 Sumbar Jasman 4 Dirawat RSAM Bukittinggi 1 Orang di RSUP M Djamil Ilustrasi - RSUP M Djamil Padang

Covesia.com - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19 di Sumatera Barat (Sumbar) hingga malam ini, Kamis (26/3/2020), berjumlah 5 (lima) orang. Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, Jasman Rizal, meralat pernyataan sebelumnya yang mengatakan bahwa 4 orang dirawat di RSUP M Djamil, dan 1 orang di RSAM Bukittinggi. 

Data sebenarnya terkait pasien yang dirawat di dua RS rujukan itu yakni 1 orang di rawat di RSUP M Djamil Padang dan 4 orang dirawat di RSAM Bukittinggi.

Baca: Hasil Lab Atas 4 dari 12 PDP di RSAM Bukittinggi Dinyatakan Positif Covid-19

"Sebanyak 1 orang di RSUP (Rumah Sakit Umum Pusat) M Djamil dan 4 orang di Rumah Sakit Akhmad Mochtar Bukittinggi," katanya ketika dikonfirmasi ulang oleh Covesia.com, Kamis (26/3/2020) malam.

Dia menuturkan bahwa pasien positif corona tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan dari Laboratorium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan Republika Indonesia.

Jasman merincikan bahwa 3 dari 4 pasien yang dirawat di RSAM Bukittinggi dinyatakan positif berdasarkan hasil dari pemeriksaan Litbangkes. Sementara 1 pasien di RSAM dan 1 pasien di M Djamil dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan Lab Unand.

Sementara itu, Jasmen menegaskan bahwa hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Laboratorium FK Unand tidak akan diulang lagi. Hal ini dikarenakan Laboratorium FK Unand sudah mendapatkan izin dari Badan Litbangkes untuk bisa melakukan uji spesimen pemeriksaan swab. 

"Tidak perlu lagi (diulang)," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa lima pasien yang dirawat tersebut yaitu 1 orang warga asal Padang, 1 orang warga asal Pesisir Selatan, 1 warga asal Tanah Datar, dan 2 warga Kota Bukittinggi.

"Informasi tersebut diperoleh dari Gugus Tugas kita, dan itu valid," ujarnya. 

Dia tidak bisa menjelaskan lebih lanjut tentang kondisi lima pasien positif COVID-19 itu. 

"Hal itu adalah wewenang Dinas Kesehatan. Yang jelas mereka masih dirawat di ruang isolasi," pungkasnya.

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga