Pemprov: Pasien Nomor 14 Terjangkit Corona di Sumbar Pernah Dirawat di SPH

Pemprov Pasien Nomor 14 Terjangkit Corona di Sumbar Pernah Dirawat di SPH Sumber: Dinkes Padang

Covesia.com - Data terbaru jumlah pasien positif Covid-19 yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar), hingga hari ini (Jumat, 3/4/2020) pukul 13.40 WIB, yaitu sebanyak 14 orang. 

"Kami dari Pemprov baru dapat data dari Dinas Kesehatan Provinsi (Sumbar) bahwa hari ini ada 1 pasien lagi yang dinyatakan positif terjangkit virus corona," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Pemprov Sumbar Jasman Rizal saat dihubungi Covesia via telepon.

Sementara, Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Padang Barlius mengatakan bahwa hari ini ada dua kasus terbaru Covid-19 di Kota Padang. Hal itu artinya di Sumbar ada 15 pasien Covid-19.

Meski demikian, Jasman mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, jumlah pasien terjangkit virus corona di Sumbar berjumlah 14 orang. 

"(Jadi) bukan 2 orang. Kita tidak tahu Dinas Kesehatan Kota Padang dapat informasi dari mana. Mungkin belum terkonfirmasi atau belum dilaporkan ke provinsi, kita tidak tahu. Tapi, setahu kami data yang kami update itu baru 1 orang," ujarnya.

Jasman mengatakan bahwa 1 orang yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 pada hari ini, berdasarkan data yang diperolehnya merupakan pasien dengan label nomor 14 di Sumbar.

Yang bersangkutan merupakan warga Kota Padang. "Dia pernah dirawat di SPH (Semen Padang Hospital). Mungkin akan dirujuk ke (Rumah Sakit Umum Pusat) M Djamil," ujarnya.

Pasien itu dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Jasman tidak bisa merincikan informasi lainnya tentang pasien baru itu, termasuk jenis kelamin dan sudah berapa lama dia dirawat di SPH. "Untuk teknisnya silahkan tanya ke Dinas Kesehatan Kota Padang," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa, berdasarkan data terbaru di situs http://dinkes.padang.go.id, jumlah pasien terjangkit Covid-19 di Kota Padang bertambah dari 6 orang menjadi 8 orang.

Seperti yang dapat dilihat di tampilan situs, 2 warga Kota Padang yang dinyatakan positif COVID-19 berasal dari Kecamatan Kuranji dan Kecamatan Padang Utara. Dua kecamatan ini sebelumnya belum termasuk sebagai zona merah kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan bertambahnya dua kecamatan tersebut, berarti ada ada 5 kecamatan yang termasuk zona merah. Sebaran kasus positif Covid-19 di tiga kecamatan lainnya yaitu 1 orang di Kecamatan Koto Tangah, 4 orang di Kecamatan Padang Timur, dan 1 orang Kecamatan Lubug Bagaluang.

Untuk diketahui, di Kota Padang, 1 pasien terjangkit virus corona sudah dinyatakan meninggal dunia. Berarti, hingga hari ini, ada 7 pasien yang sedang dirawat.

Selain itu, di Kota Padang, ada 3.074 OTG, 82 ODP, 15 PDP, 4 orang negatif Covid-19, dan 3 orang lagi masih dalam tahap pemeriksaan.

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga