Ayah dan Anak di Depan Kantor BI Padang Dibawa Petugas Ber-APD, Ini Faktanya

Ayah dan Anak di Depan Kantor BI Padang Dibawa Petugas BerAPD Ini Faktanya Foto: Istimewa

Covesia.com - Beredar foto dan video di media sosial ada seorang ayah bersama anaknya duduk di atas trotoar di depan Bank Indonesia (BI) di Jalan Jenderal Sudirman Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Di foto atau video tersebut, tampak pula sejumlah petugas ber-APD lengkap. Di grup-grup Whatsapp, beredar informasi bahwa mereka adalah "orang terlantar suhu tubuh 38 derajat lebih dengan anaknya asal Jambi".

Ketua Harian Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Padang Barlius mengatakan bahwa sebagian dari informasi tidak benar.

"Dia orang dari Jambi. Sudah empat hari di sini. Ingin cari kerja. Jadi, dibawa anaknya. Mereka tidak punya tempat tinggal. Jadi mereka tidur di depan BI. Bertemu sama orang," ujarnya saat dihubungi Covesia via telepon, Rabu (8/4/2020).

Setelah mendapatkan informasi tersebut, pihak Puskesmas setempat lalu datang ke lokasi kejadian. Setelah dilakukan pengecekan suhu tubuh, ternyata suhu orang tersebut yaitu 37,8 derajat celcius.

"Jadi, tidak benar informasi yang menyebutkan bahwa yang bersangkutan suhu tubuhnya 38 derajat lebih," jelas Barlius. 

Dia mengatakan bahwa orang tersebut tidak juga memiliki gejala Covid-19. "Dia tidak batuk atau pun sesak napas. Suhunya sampai 37,8 derajat celsius mungkin dikarenakan dia duduk di jalan. Tidak ada gejala Covid-19. Suhu tubuhnya 37,8 derajat itu masih normal," jelasnya.

Saat ini, lanjut Barlius, yang bersangkutan sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang untuk dirawat lebih lanjut. "Saat ini, sedang dirawat di M Djamil. Dia dicari nomor telepon keluarganya. Kalau tidak ada, maka akan diserahkan ke Dinas Sosial Kota Padang," ujarnya.

Saat ditanyakan apa alasan petugas menggunakan APD lengkap saat berada di lokasi kejadian, Barlius menjawab, "Hal tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan saja. Sekarang kan lagi wabah Covid-19".

(fkh)


Berita Terkait

Baca Juga