Mengenal Fitur Keamanan Mobil Pengawal Pemimpin Negara

Mengenal Fitur Keamanan Mobil Pengawal Pemimpin Negara Ilustrasi

Covesia.com - Dalam konvoi mobil pengawal pemimpin negara, berbagai jenis dan merek mobil yang digunakan dirancang khusus dengan menambahkan fitur keamanan yang super canggih. Hal itu dibutuhkan dalam menjamin keamanan konvoi pemimpin negara dalam mejalan tugas kenegaraan dari ancaman bahaya.

Dikutip dari Rajamobil.com, Rabu (7/4/2020), berikut beberapa merek dan jenis kendaraan Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) beserta fitur keamanan yang dimilikinya.

Mazda 6

Digunakan sebagai pembuka jalan, model Mazda 6 ini dilengkapi mesin SKYACTIV-G 2.5 liter 4 silinder DOHC berkapasitas 2.488cc.

Mobil sedan Mazda ini juga dilengkapi mesin dengan transmisi otomatis percepatan 6. Tenaganya mencapai 187 dk diputaran mesin 5.700 rpm.

Mobil Paspampres memiliki sistem pengaman khusus berupa central door lock yang berfungsi  mengunci semua pintu mobil secara bersamaan yang dapat dikendalikan oleh pengunci pada pintu sisi pengemudi.

Toyota Fortuner

Mobil merek keluaran Jepang ini juga memiliki fitur pengamanan super canggih. Mobil pengawal ini dirancang khusus dengan dual airbag di sisi kiri dan kanan kabin serta Anti Lock Braking System (ABS) yang berfungsi menghindari terkuncinya ban bagian depan dengan cakram berventilasi dan belakang leading-trailing drum.

Berada di belakang konvoi, mobil Toyota ini bermesin diesel GD FTV 4 silinder segaris, 4 katup, dan DOHC.

Mobil untuk segala medan ini juga dilengkapi VNT Intercooler berkapasitas silinder 2.393 cc. Dilengkapi pula transmisi otomatis 6 dengan sistem injeksi hingga mampu menggerakkan tenaga 150 dk pada putaran 3.400 rpm.

Mercedes-Benz G-Class

Umumnya, tampil dengan warna hitam, mobil yang dipakai Paspampres ini dilengkapi berupa mesin diesel V6 3.0L turbo bertenaga 184 dk.

Mobil ini juga memiliki strobe light bar dan hand railing pada bagian atap dan winch pada bagian depan. Winch merupakan fitur pengamanan khusus mobil Paspampres yang digunakan jika dalam keadaan darurat.

Land Cruiser J200

Kendaraan pengawal ini dibekali fitur pengamanan khusus berupa mounting jammer. Fungsinya, untuk mengacaukan sinyal di sepanjang konvoi. Dengan fitur ini, sinyal ponsel warga di jalur konvoi ikut terganggu.

Mobil ini juga dirancang khusus untuk bisa off-road dengan teknologi canggih. Dibekali mesin V8 1UR-FE 4.608 cc, kendaraan ini memiliki tenaga 318 dk dan torsi 460 Nm.

Jika melihat sekilas, mobil-mobil pengawal pemimpin negara tersebut tentu memiliki kesamaan dengan mobil yang dimiliki masyarakat umum. Namun, dari fitur-fitur yang dimiliki mobil pengawal tentu berbeda karena sudah dirancang dengan teknologi canggih.

Itulah beberapa merek dan jenis mobil yang umumnya dipergunakan sebagai kendaraan pengawal pemimpin negara. Di Indonesia sendiri, Paspampres saat ini juga menggunakan jenis dan merek mobil tersebut dalam pengawalan RI-1.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga