Sepekan Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Agam Alami Pergeseran.

Sepekan Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Agam Alami Pergeseran Ilustrasi (dok.covesia.com )

Covesia.com - Sepekan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalami pergeseran

Salah seorang pedagang sayur dan rempah di pasar tradisional Padang Baru, Kecamatan Lubuk Basung, Nita (51) mengatakan, penurunan harga terjadi hampir di semua sayur dan rempah.

Seperti halnya cabai merah, dua pekan sebelumnya masih dijual dengan harga Rp 20Ribu /Kg namun saat ini turun menjadi Rp15ribu /Kg. Hal serupa juga terjadi pada bawang putih yang semula Rp25 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram, bawang merah Rp 30ribu turun menjadi Rp 25ribu /kg.

Sementara itu buncis dari Rp12 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram, bawang prey dari Rp15 ribu menjadi Rp 8ribu per kilogram, kol Rp 8ribu turun menjadi Rp 7ribu /Kg.

Penurunan sejumlah kebutuhan pokok tersebut dibenarkan Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Agam, Nelfia Fauzana, hasil pemantauan pekan ini sejumlah bahan pokok mengalami pergeseran harga dari jelang dan hari lebaran kemarin.

"Penurunan terbesar terjadi pada harga daging sapi segar, pada pekan lalu dijual Rp140 ribu saat ini turun menjadi Rp120 ribu per kilogram," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu (30/5/2020).

Sementara itu kenaikan harga terjadi pada kebutuhan pokok  berupa beras, untuk jenis sokan, minggu lalu dijual Rp12 ribu, menjadi Rp12,5 ribu per kilogram, namun pada jenis benang pulau tetap bertahan di harga Rp12 ribu per kilogram, Ir 42 Rp12 ribu per kilogram, beras benang paluang Rp11,5 ribu per kilogram dan beras kuruik kusuik Rp13,5 ribu per kilogram.

Selain beras kenaikan harga juga terjadi pada ikan laut, untuk jenis ikan tuna dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, ikan kembung dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram, ikan sarden Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram dan ikan tongkol dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram. "Saat lebaran, banyak nelayan tidak melaut jadi produksi ikan berkurang," tutupnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga