Berkas Perkara Dilimpahkan ke PN Padang, Muzni Zakaria Ditahan di Mapolda Sumbar

Berkas Perkara Dilimpahkan ke PN Padang Muzni Zakaria Ditahan di Mapolda Sumbar Muzni Zakaria

Covesia.com - Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas perkara eks Bupati Solok Selatan non aktif Muzni Zakaria ke Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Padang, hari ini, Selasa (2/6/2020).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Rikhi B Maghaz menuturkan tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan Jembatan Ambayan dan Masjid Agung Solok Selatan itu dibawa dari Jakarta menuju Padang, sesuai tiket, pukul 09.10 WIB.

Dia dibawa dengan menggunakan maskapai Garuda dengan nomor penerbangan GA-148.

Meski demikian, setelah berkoordinasi dengan pihak maskapai Garuda, jadwal penerbangan eks Bupati Solok Selatan non aktif itu dimajukan pukul 07.10 WIB. Yang bersangkutan sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekitar 09.00 WIB. Setelah sampai, Muzni langsung dibawa ke Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sumatera Barat (Sumbar) untuk ditahan. 

"Jam sembilan pagi tadi, sampai di Padang. Setelah itu, yang bersangkutan langsung dibawa ke rutan Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar," terangnya.

Rikhi menjelaskan, untuk bisa ke Padang, Muzni telah melakukan rapid test atau pemeriksaan cepat dengan hasil negatif Covid-19.

"Informasi diterima, harus ada surat hasil tes swab saat tiba di BIM. Rapid test bisa diterima dan tidak ada kendala. Sementara, dari pihak Bandara Soekarno-Hatta semuanya tidak ada masalah," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, lewat sambungan telepon, membenarkan informasi Muzni ditahan di Mapolda Sumbar.

"Dia ditahan di Mapolda Sumbar. Dalam rangka sidang. Dia masuk ke Mapolda pagi ini," ujarnya.

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga