Tanggapan Ombudsman Soal PPDB Sumbar 2020 Pasca Disdik Gunakan Situs Pendaftaran Baru

Tanggapan Ombudsman Soal PPDB Sumbar 2020 Pasca Disdik Gunakan Situs Pendaftaran Baru Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi (Covesia/Fakhruddin)

Covesia.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring 2020 Sumbar sejak Senin (29/6/2020) kemarin.

Pendaftaran PPDB tersebut dapat dilakukan di situs ppdbsumbar.id. Alamat situs tersebut mengganti situs PPDB Sumbar yang lama, yakni ppdbsumbar2020.id.

Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi, mengatakan pihaknya telah bertemu dengan Disdik Sumbar, siang ini, (Selasa/30/6/2020), terkait situs PPDB Sumbar yang baru.

Kata dia, situs tersebut sudah berjalan meski kemarin sore sempat diretas oleh pihak yang bertanggung-jawab. 

Berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Disdik Sumbar, hingga hari ini, setidaknya sudah 26.000 orang yang melakukan pendaftaran.

Ombudsman, tutur dia, menyoroti tidak adanya menu real time pendaftar dan siapa yang lolos setelah melakukan pendaftaran di situs tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, imbuhnya, Disdik Sumbar akan berupaya memunculkannya dalam dua hari ke depan. 

"Supaya bisa menjadi alat uji publik juga. Sebenarnya dia (peserta didik yang melakukan pendaftaran) dinyatakan lulus tapi tidak tahu apakah dia lulus atau tidak," jelasnya. 

Selanjutnya, Ombudsman juga memberikan perhatian kepada kemampuan Disdik Sumbar dalam memverifikasi dokumen yang telah dikirim peserta didik seperti KK, surat keterangan, dan sebagainya. Disdik Sumbar, kata Adel, perlu melakukan verifikasi dengan valid agar kesalahan dalam tersebut dapat diminimalisir.

"Jangan sampai ada peserta didik yang jarak rumahnya dengan sekolah memenuhi persyaratan tapi tidak lulus," terangnya.

Lebih lanjut, Adel juga mengatakan Disdik Sumbar perlu menyediakan saluran dan orang yang benar-benar kompeten dalam menangani pengaduan masyarakat di Posko PPDB Disdik Sumbar. Hal ini dikarenakan pendaftaran PPDB Sumbar sudah bermasalah sejak dibuka dari awal. 

Diberitakan sebelumnya PPDB daring 2020 Sumbar awalnya direncanakan dibuka 22 hingga 25 Juni 2020. Namun, pada hari pertama, situs pendaftaran itu tidak bisa diakses.

Disdik Sumbar lalu mengeluarkan pengumuman pendaftaran ditunda menjadi 25 hingga 28 Juni 2020. Namun, pada 25 Juni, Disdik Sumbar kembali mengubah jadwal tersebut menjadi 29 Juni sampai 2 Juli 2020.

Pada 29 Juni 2020, situs pendaftaran pun diganti menjadi ppdbsumbar.id. 

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga