Jelang Idul Adha, Harga Cabe Rawit di Agam Naik Dua Kali Lipat

Jelang Idul Adha Harga Cabe Rawit di Agam Naik Dua Kali Lipat Pedagang cabe di pasar tradisional di Pesisir Selatan, Sumbar (Foto: Indrayen/Covesia)

Covesia.com - Jelang Idul Adha 1441 Hijriyah, harga cabe rawit di Pasar tradisional di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meroket, hal itu berbeda jauh dengan cabe merah yang tetap dibawah standar jual.

Salah seorang pedagang di Pasar Impres Padang Baru Kecamatan Lubuk Basung, Nita (45) mengatakan, pekan ini harga jual cabe rawit mencapai Rp60ribu/Kg naik 2 kali lipat dari minggu lalu yang hanya Rp 30ribu/Kg.

"Minggu ini hasil panen cabe rawit dari petani kurang dan pedagang pengumpul terpaksa mendatangkan cabe rawit dari luar daerah sementara itu permintaan di pasar cukup tinggi," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Senin (6/7/2020).

Hal itu jauh berbeda jauh dari harga jual cabe merah keriting yang merosot di harga Rp 20ribu hingga Rp25ribu /Kg, harga jual tersebut sudah terjadi selama dua bulan terakhir. "Masih berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 25ribu, pertengahan Juni lalu pernah Rp 30 ribu tapi hanya 3 hari kemudian turun lagi," katanya.

Sementara itu data yang dihimpun dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Agam, harga jual bahan kebutuhan lain seperti beras untuk jenis sokan, minggu ini dijual Rp12,5 ribu /kg, jenis benang pulau  Rp12ribu per kilogram, Ir 42 Rp12 ribu per kilogram, beras benang paluang Rp11,5 ribu per kilogram dan beras kuruik kusuik Rp13,5 ribu per kilogram.

Untuk ikan jenis ikan tuna dari Rp35 ribu, ikan kembung dari Rp35 ribu, sarden Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram dan ikan tongkol dari Rp25 ribu. Ikan Air Tawar Jenis Nila dijual dengan harga Rp 20ribu /Kg, Lele dan Majalaya Rp 23 ribu/Kg.

Dilain sisi, harga sayur- mayur, minggu ini kol dijual di pasar dengan harga Rp 8ribu /Kg, Sawi Rp 7 ribu /kg, Wortel Rp 12ribu /Kg, kentang Rp 7ribu /kg, Bawang Merah, 32ribu /kg, Tomat Rp 14ribu /Kg.Terong Rp 8ribu /Kg, Bawang Putih Rp 25 ribu /Kg.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga