Perantau Terkonfirmasi Covid-19 di Kampung Halaman, Payakumbuh Keluar dari Zona Hijau

Perantau Terkonfirmasi Covid19 di Kampung Halaman Payakumbuh Keluar dari Zona Hijau Istimewa

Covesia.com - Kota Payakumbuh kembali menjadi zona merah, pada Kamis (9/7/2020) menyusul satu warga di daerah itu terkonfirmasi Covid-19. 

Satu kasus ini berasal dari warga Kecamatan Payakumbuh Barat, MRF (22) laki-laki. MRF adalah perantau yang sebelumnya bekerja di Kalimantan Selatan. Ia kembali pulang ke Payakumbuh 28 Juni 2020 silam karena orang tuanya sakit. 

Setelah kondisi orang tuanya mulai membaik, ia berniat untuk kembali ke Kalimantan Selatan dan mengikuti tes swab secara mandiri. Namun, hasilnya dinyatakan positif Covid-19. 

"Hari ini, Kota Payakumbuh mengalami penambahan kasus positif Covid-19 atas nama berinisial MRF. Beliau sebelumnya bekerja di Kalimantan Selatan dan pulang kampung karena orang tuanya sakit," kata Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal dalam konferensi pers melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, Kamis siang.

Selama di Kota Payakumbuh, Bakhrizal menyebutkan MRF tetap menjalankan protokol Covid-19 dan mengisolasikan diri di dalam rumah secara mandiri. 

"Yang bersangkutan selama di Payakumbuh tidak keluar rumah. MRF mengisolasikan diri di rumah. Namun, terdeteksi Covid-19 setelah melakukan swab mandiri untuk syarat kembali lagi ke Kalimantan Selatan untuk bekerja," sebut Bakhrizal.

Karena telah terkonfirmasi positif Covid-19, akan dilakukan pelacakan kepada orang yang pernah kontak langsung dengan MRF dan membawa MRF ke Padang Besi, Kota Padang untuk dilakukan karantina selama 14 hari.

"MRF sudah berangkat ke Kota Padang tadi pagi untuk di karantina. Sekaligus tadi juga kami ambil tes swab sebanyak 10 orang dari hasil pelacakannya. Sampel ini juga telah di kirim ke Padang," katanya.

Sebelumnya, Kota Payakumbuh sudah sebulan lebih tidak mengalami penambahan kasus positif Covid-19 dan sudah dinyatakan zona hijau. Pasalnya, 18 kasus positif Covid-19 sebelumnya telah dinyatakan sembuh. 

(agg/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga