UMKM Diharapkan Cepat Beradaptasi ketika Bergabung dengan Platform Digital

UMKM Diharapkan Cepat Beradaptasi ketika Bergabung dengan Platform Digital Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - Deputi Bidang Rekstrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM RI, Eddy Satria, mengatakan dengan bergabungnya di dalam platform digital, pelaku UMKM diharapkan mampu cepat beradaptasi. 

Hal tersebut disampaikannya saat mengikuti webinar yang diselenggarakan Gojek untuk memudahkan transformasi UMKM ke ranah online. 

"Pada saat ini baru 13% atau setara dengan 8 juta pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan dunia digital. Melalui peluncuran #MelajuBersamaGojek, saya berharap digitalisasi UMKM akan terus saya dorong mencapai 10 juta UMKM go digital," ungkap Eddy dalam sambutannya di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Lebih lanjut Eddy mengatakan target 10 juta UMKM go digital tersebut sampai akhir tahun ini sebagaimana ditargetkan pemerintah. "Jadi, semakin banyak solusi-solusi komprehensif yang akan diberikan bagi kemajuan UMKM Indonesia ke depan," katanya. 

Tak hanya itu, Eddy juga mengajak pelaku UMKM yang belum bergabung secara online dapat memanfaatkan berbagai keunggulan teknologi platform digital seperti Gojek dan platform lainnya, dengan optimisme perekonomian bisa tumbuh.

"Untuk yang sudah berada di dalam sistem online untuk terus melaju, tidak lupa disertai peningkatan kualitas produk atau jasa layanan, dan kapasitas produksi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga skala usaha dapat terus meningkat," ujarnya. 

Harapan kita bagaimana penekanan dampak Covid-19 bisa diminimalisir. "Semoga ini bisa memperkuat laju perekonomian dari UMKM," harapnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga