Persiapan Student Exchange, ITP Diseminasi Program MBKM dengan Perguruan Tinggi Se-Indonesia

Covesia.com – Sebagai salah satu pelopor kampus merdeka, Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar diseminasi dan diskusi Program Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mitra Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan Perguruan Tinggi di Indonesia. Seperti, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), Universitas Jenderal Achmad Yani, Institut Teknologi Nasional, dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Rektor ITP Hendri Nofrianto mengatakan, diseminasi ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama ITP dengan mitra Perguruan Tinggi dalam menerapkan kurikulum MBKM terutama dalam program student exchange.

“Alhamdulillah walaupun dalam keadaan daring, kita tetap dapat menggelar kegiatan diseminasi ini dengan pimpinan dari mitra perguruan tinggi ITP,” ujar Rektor saat memberikan sambutan, Selasa (15/12/2020).

“Sebenarnya untuk program student exchange ini, ITP sendiri sudah pernah melakukannya dengan UNDIKNAS, namun saat ini dengan program MBKM, kita ingin memperluas pilihan mahasiswa nantinya untuk berkesempatan belajar di perguruan tinggi terbaik lainnya di Indonesia, maka dari itu kami mengundang sejumlah perguruan tinggi untuk berdiskusi terkait program pertukaran pelajar ini,” imbuh beliau.

Dekan Fakultas Teknik ITP, Maidiawati, Dr. Eng mengungkapkan, diseminasi dan diskusi tersebut membahas teknis program pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi.

“Pada diseminasi ini diskusi terkait teknis pelaksanaan student exchange dilakukan di antar prodi, sehingga pembahasan mekanisme, kurikulum serta administrasi dibahas secara detail oleh ka.prodi antar perguruan tinggi,” katanya.

Tiap pimpinan perguruan tinggi yang hadirpun turut memberikan sambutan, salah satunya Rektor Itenas, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D.

“Kami berterima kasih atas kesempatan kerja sama program MBKM ini dengan ITP, harapan kami program pertukaran mahasiswa ini dapat kita laksanakan mulai tahun depan,” kata Meilinda.

Sebelumnya, ITP juga telah menggelar diseminasi dan diskusi program MBKM dengan mitra non perguruan tinggi, yakni berbagai perusahaan dan organisasi.

(adv)

0 Comments

Leave a Comment

6 − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password