Tidak Hanya Sekadar Media Hiburan, Tiktok Juga Sebagai Wadah Edukasi

Tidak Hanya Sekadar Media Hiburan Tiktok Juga Sebagai Wadah Edukasi

(Oleh: Berliana Agesti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)

Covesia.com - Siapa yang tak kenal dengan platform media sosial yang satu ini, yaitu media sosial tiktok. Tiktok merupakan salah satu media sosial yang paling disukai dan banyak digunakan oleh masyarakat, tidak hanya Indonesia bahkan seluruh masyarakat dunia aktif sebagai pengguna dari media sosial ini.

Platform tiktok ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun dulunya platform ini tidak sepopuler seperti saat sekarang ini. Kepopuleran tiktok saat ini bermula pada tahun 2019 akhir, dimana sudah mulai banyak kalangan anak muda yang bermain applikasi tiktok dengan memanfaatkan fitur video musik pada platform ini. Lalu seiring berjalannya waktu, pada awal tahun 2020 Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi Covid-19.

Dan pandemi saat ini mengharuskan masyarakat untuk lebih menghabiskan waktu dan kegiatannya dirumah masing-masing. Seperti beberapa kegiatan pekerjaan dan sekolah dipindahkan kerumah atau dikenal dengan work from home dan school from home.

Berbulan-bulan lamanya masyarakat menghabiskan waktu dirumah, tentu mereka akan dilanda rasa bosan yang sangat besar, terutama bagi para generasi aktif yaitu remaja millennial. Menjalankan kegiatan sehari penuh untuk waktu yang bisa dibilang cukup lama, tentunya akan menjadi hal yang tidak mudah dilakukan bagi remaja. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan kegiatan yang bisa mengurangi rasa bosan mereka dan juga membuat mereka tetap dari terhubung dan berkomunikasi dengan teman-temannya. Salah satu caranya tentu saja dengan memanfaatkan media sosial.

Media sosial merupakan salah satu solusi bagi masyarakat untuk mengisi waktu luang hingga menghilangkan rasa bosan mereka dirumah selama terjadinya pandemic saat ini. banyak sekali media sosial yang bisa menjadi wadah hiburan hingga wadah yang bermanfaat yang bisa digunakan oleh masyrakat, salah satu media sosial yang mempunyai kepopuleran yang tinggi saat ini adalah Tiktok.

Tiktok saat ini menyajikan berbagai konten yang menarik menjadi pengisi waktu luang untuk mengusir kebosanan ditengah masyarakat. Tidak hanya digunakan oleh remaja, platform ini bahkan juga digunakan hingga kalangan dewasa dan juga orang tua.

Namun siapa sangka media sosial tiktok yang dulu selalu dianggap norak dan sering dilabeli dengan kata “alay”, saat ini sudah berubah menjadi salah satu media sosial yang digemari oleh pengguna media sosial. Baik bagi mereka yang hanya untuk mengisi waktu luang hingga dimanfaatkan penggunanya sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitasnya. Berbeda dengan isi konten tiktok beberapa tahun lalu, kini tiktok hadir dengan berbagai konten yang menarik, lucu, menghibur, bermanfaat, hingga terdapat konten yang berguna untuk mengedukasi penikmatnya.

Tiktok saat ini bukanlah tiktok yang dulu sering disebut oleh masyrakat sebagai platform “alay”, tetapi platform ini telah berubah menjadi salah satu platform yang dimanfaatkan masyrakat sebagi wadah yang bisa dimanfaatkan kepopulerannya.

Tidak hanya sekadar video musik joget-joget saja, kini tiktok berinovasi berubah menjadi konten yang berkontribusi sebagai media penyebaran informasi bermanfaat dalam konteks tertentu.

Tak bisa dipungkiri, dengan hadirnya tiktok yang dikemas seperti saat ini telah membuka peluang bagi masyakarat untuk menuangkan kreativitas dan ilmu yang mereka miliki dengan menyajikannya dalam bentuk konten video singkat pada platform tiktok tersebut. Tak sebatas hanya sebagai media hiburan saja, tetapi kita dapat menemukan konten tiktok yang juga bersifat edukasi saat ini. 

Tiktok melahirkan banyak sekali kreator berbakat yang menyajikan konten edukasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, mulai dari konten tentang kesehatan yang dibuat oleh dokter-dokter Indonesia dengan memanfaatkan platform mereka sebagai media informasi seputar kesehatan.

Lalu juga terdapat konten terkait tips-tips kerja, organisasi, wawancara yang bisa kita temukan ditiktok, serta melalui platform tiktok ini kita bisa mengetahui berbagai ilmu pengetahuan yang bahkan tidak kita ketahui sama sekali sebelumnya.

Konten-konten informasi dan juga edukatif dari platform tiktok tersebut bisa sangat mudah ditemui dengan cara mengetik informasi yang kita perlukan di bagian pencarian pada platform tersebut. Dengan mengetik satu kata maka kita bisa menemukan berbagai informasi menarik yang dibuat oleh kreator-kreator berbakat yang ada pada platform tiktok tersebut.

Perubahan sajian konten pada tiktok saat ini tentu saja membuat citra dari platform ini menjadi semakin baik dan berubah menjadi salah satu media sosial yang semakin disukai oleh masyarakat. 

Dan diharapkan dengan adanya platform ini dapat mendorong masyakarat terutama para kaum millennial untuk dapat berkreativitas dengan membuat konten-konten bermanfaat sesuai dengan passion mereka masing-masing.

Berita Terkait

Baca Juga