Pemprov Sumbar Salurkan Bonus Atlet Sebesar Rp1,6 Miliar

Pemprov Sumbar Salurkan Bonus Atlet Sebesar Rp16 Miliar Foto: Istimewa

Covesia.com - Tahun 2019 lalu atlet Sumbar telah mengharumkan nama Sumbar di berbagai iven nasional dengan meraih mendali. Setidaknya ada 6 kejuaraan nasional yang dilakukan yakni PPLP, Pomnas, Pospenas, Fornas, Peparpelnas dan Popnas. 

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan bonus sebesar Rp1.600.700.000,- bagi para atlet yang telah meraih medali. Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Bustavidia di Istana Gubernuran, Senin (30/11/2020).

Lebih lanjut Irwan mengatakan, bonus yang diberikan ini merupakan penghargaan dari pemerintah daerah terhadap keberhasilan para atlet dalam ajang turnamen nasional, khususnya pada bidang olahraga yang memerlukan persiapan dan mental yang matang.

"Pemberian bonus ini memang terlambat, namun hari ini kami bisa memberikan bonus yang telah dianggarkan yang telah lama di tunggu-tunggu para atlet," ucap Irwan Prayitno.

Ia mengatakan bahwa keterlambatan dikarenakan penghitungan anggaran bagi para atlet yang berprestasi, pelatihnya dan official. Tanpa adanya anggaran yang mendukung hal ini juga tidak akan bisa dilaksanakan, namun dengan tersedianya dana tersebut pemprov Sumbar bisa membagikan bonus bagi para atlet yang berprestasi selama ini.

"Memang Pemprov Sumbar sendiri sudah menjanjikan bonus kepada atlet yang telah berhasil mengharumkan nama Sumbar pada tahun 2019, mohon maaf hari ini kita bisa memberikan bonus," tukasnya.

Pemberian bonus ini bertujuan memberi memotivasi para atlet yang mendapat juara dan yang belum mendapat juara. Agar terus berlatih dan berjuang untuk lebih berprestasi, termasuk kepada pelatih dan official. Tanpa pelatih tentunya atlet tidak bisa berlatih dan tanpa official para atlet tidak ada yang mengurus. 

"Makanya pemprov juga memberikan bonus kepada mereka. Jangan dilihat nilainya, tapi lihat bagaimana pemprov memberi apresiasi dan kemuliaan kami pada para atlet," ujarnya.

Selanjutnya, Gubernur Sumbar mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam prestasi nasional ini, karena telah membawa nama baik daerah dan marwah daerah di tingkat nasional.

Sementara itu, Kepala Dispora Sumbar Bustavidia mengatakan pihaknya akan selalu mendukung para atlet dan pelatih dalam rangka memajukan dunia olahraga Sumbar.

"Apa pun itu demi kebaikan perkembangan olahraga Sumbar kami akan mendukung sesuai dengan fungsinya," katanya.

"Didalam mencapai prestasi tersebut tentu tidak muncul secara tiba-tiba, prestasi lahir karena persiapan secara matang dan sistematik serta dukungan semua pihak disertai doa dari seluruh masyarakat Sumbar dan semoga prestasi tersebut bisa ditingkatkan terus untuk kedepannya," tambahnya. 

Total bonus yang diserahkan Rp1.600.700.000. Rinciannnya, ajang Popnas Rp491.900.000, Pomnas Rp217.100.000,- Peparpelnas Rp16.000.000,- Fornas Rp243.400.000,- Kejurnas Antar-PPLP Rp571.800.000,- dan Pospenas senilai Rp60.500.000,-

Sebagai informasi tambahan pada ajang Fornas kontingen Sumbar meraih 4 emas, 5 perak dan 2 perunggu. Pospenas raih 2 emas dan 1 perunggu. Ajang Popnas mendapatkan 7 emas, 8 perak dan 15 perunggu. Peparpelnas raih 1 perak. Pomnas 1 emas, 3 perak dan 11 perunggu. 

Masing-masing peraih medali emas perorangan diganjar bonus Rp15 juta. Sedangkan bagi peraih perak perorangan sebesar Rp10 juta dan perunggu perorangan sebesar Rp5 juta. Sementara bagi peraih medali emas, perak dan perunggu beregu besaran bonusnya bervariasi.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga

`