Pengawalan Ketat Marko dan Riko Simanjuntak Kunci Sukses Home United Taklukkan Persija

Pengawalan Ketat Marko dan Riko Simanjuntak Kunci Sukses Home United Taklukkan Persija Marko simic (kanan) dan Riko Simanjuntak (kiri) (Dok: Persija)

Covesia.com - Pelatih klub Singapura Home United Aidil Sharin menyebutkan salah satu faktor yang membantu kemenangan timnya dari Persija di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 adalah mereka bisa mengantisipasi perkiraan-perkiraan.

Menurut Aidil, ada dua perkiraan yang mereka bisa atasi yakni bermain di bawah tekanan puluhan ribu penonton dan baiknya permainan duet lini serang Persija, Marko Simic serta Riko Simanjuntak.

"Kami baru pertama kali bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno ini dan sudah mengira akan dipenuhi puluhan ribu suporter. Bahkan berbicara saja kami sulit saking ramainya. Namun anak-anak tetap tampil fokus dan disiplin," kata Aidil dikutip Antara, Rabu (16/05/2018).

Dia melanjutkan, suasana stadion yang dipenuhi lebih dari 62.000 penonton di mana sebagian besar merupakan suporter fanatik Persija, The Jakmania, menjadi pengalaman bagus untuk para pemainnya.

Sementara terkait Marko Simic dan Riko Simanjuntak, Aidil Sharin menyebut dirinya memang menginstruksikan skuat untuk memberikan pengawalan khusus kepada mereka.

Hal itu tidak mengherankan, karena sebelum melawan Home United di Jakarta, Marko Simic merupakan pencetak gol terbanyak Piala AFC 2018 dengan delapan gol sementara Riko Simanjutak tercatat sebagai pembuat "assist" tertinggi di Piala AFC 2018 dengan tujuh assist.

"Marko dan Riko dua pemain yang sangat bagus. Mereka menjadi faktor utama mengapa Persija bisa sampai di babak ini. Akan tetapi kami berhasil mengatasi permainan mereka malam ini dengan tidak memberikan mereka kebebasan," kata Aidil.

Adapun Persija Jakarta tersingkir dari Piala AFC 2018 seusai takluk 3-1 dari lawannya asal Singapura, Home United, pada leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa malam kemaren.

Persija tak bisa melanjutkan kiprahnya karena pada leg pertama di Singapura mereka juga kalah, kala itu dengan skor 2-3, dari lawannya tersebut.

Gol Persija dalam pertandingan kontra Home United di Jakarta dicetak oleh penyerang Marko Simic dari titik penalti pada menit kesembilan. Sementara gol Home United dicetak oleh Shahril Ishak (6` dan 12`) serta Song Ui-young (44`).

Home United pun berhak ke babak final zona ASEAN Piala AFC 2018 menghadapi pemenang laga leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 lainnya, tim Myanmar Yangon United kontra klub Filipina Ceres Negros yang baru berlangsungkan hari ini.

Pada leg pertama di Filipina, Ceres Negros mengandaskan Yangon United 4-2.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga