Julen Lopetegui Resmi Latih Real Madrid, Berikut Profil Sang Pelatih

Julen Lopetegui Resmi Latih Real Madrid Berikut Profil Sang Pelatih Julen Lopetegui (Twitter)

Covesia.com - Julen Lopetegui resmi melatih Real Madrid musim depan menggantikan Zinedine Zidane yang mengundurkan dirinya usai membawa hattrick juara Liga Champions.

Real Madrid mengumumkannya di laman resmi mereka, Selasa 12 Juni 2018 kemaren. Lopetegui mulai memimpin Real Madrid usai Piala Dunia 2018 dengan durasi kontrak 3 tahun.   

Lopetegui mengalahkan sejumlah kandidat pelatih lain yang kerap dikaitkan dengan Real Madrid. Seperti Mauricio Pochettino, Antonio Conte dan Juergen Klopp.

Berikut profil singkat sang Pelatih

  • Julen Lopetegui merupakan pelatih kelahiran Asteasu, Spanyol 28 Agustus 1966.
  • Julen Lopetegui Argote adalah mantan pemain sepakbola asal Spanyol yang berprofesi sebagai pelatih. Sejak 2016, Lopetegui dipercaya sebagai pelatih bagi Tim Nasional Spanyol.
  • Lopetegui memulai karier sepakbolanya dengan menjadi pemain Real Madrid Castilla dengan posisi kiper pada 1985 hingga 1988. Di tahun berikutnya dia memperkuat Real Madrid. Klub lain yang pernah dibelanya yaitu Barcelona dan Rayo Vallecano.
  • Julen tampil dalam 149 laga di La Liga yang dia jalani selama 11 musim. Selain itu, Julen juga turut membela Spanyol dalam Piala Dunia 1994.
  • Karier kepelatihan Julen dimulai saat dia menangani tim Rayo Vallecano pada 2003 setelah sebelumnya dia menjabat asisten manajer di tim tersebut. Kemudian dia menangani Real Madrid B. Sempat menjadi pelatih bagi Timnas Spanyol U-21 sebelum akhirnya merapat ke Porto pada 2014 hingga 2016. Di tahun 2016, Julen dipercaya menjadi arsitek bagi Tim Nasional Spanyol.
  • Julen berhasil membawa Timnas Spanyol lolos Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Kepastian mereka lolos setelah mengalahkanAlbania dengan skor 3-0 pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Jose Rico Perez tanggal 6 Oktober 2017.
  • Prestasi Lopetegui sebagai pelatih adalah saat membawa timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa U-19 pada 2012 dan Piala Eropa U-20 pada 2013.
  • Real Madrid terpikat merekrut Lopetegui karena kinerjanya cukup apik bersama Timnas Spanyol yang tidak pernah kalah di bawah asuhannya sejauh ini (14 kemenangan, 6 imbang).

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga