Barcelona Bermain Imbang Tanpa Gol di Kandang Lyon

Barcelona Bermain Imbang Tanpa Gol di Kandang Lyon Foto: Antara

Covesia.com - Barcelona ditahan imbang 0-0 di Olympique Lyonnais dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions pada Rabu dini hari (21/2/2019), saat kedua tim mampu mempertahankan catatan tidak terkalahkan mereka dalam kompetisi musim ini.

Seperti biasanya, klub Catalunya tersebut mendominasi jalannya pertandingan di stadion Groupama, tetapi kurang tajam di lini depan dan harus berterima kasih kepada kiper mereka Marc Andre ter Stegen yang membuat dua penyelamatan gemilang.

Lyon mampu mengimbangi permainan juara La Liga itu di babak pertama, tetapi mulai kehabisan tenaga setelah babak kedua dan lebih bermain bertahan menjelang akhir laga saat upaya Lionel Messi sia-sia untuk membuka pertahanan tim tuan rumah.

Barcelona total melancarkan 25 tembakan, tetapi hanya lima yang tepat sasaran dan peluang terbaik mereka terjadi di menit terakhir ketika upaya Sergio Busquets dari jarak 18 meter dihalau oleh oleh kiper lawan Anthony Lopes.

Pertandingan leg kedua akan diadakan di Nou Camp pada 14 Maret, Lyon diperkirakan akan diperkuat oleh sang kapten asal Prancis Nabil Fekir yang diskors pada Selasa waktu setempat.

"Kami bisa tampil lebih baik di babak pertama dan mengonversi peluang kami, tetapi kami tidak kebobolan gol sehingga peluang kami tetap utuh," kata bek Lyon Leo Dubois yang dilansir Reuters usai pertandingan.

Barcelona mulai mendominasi penguasaan bola sejak laga dimulai, tetapi Lyon masih mampu mencatatkan dua tembakan tetap sasaran tetapi sayang masih digagalkan oleh penyelamatan brilian Ter Stagen.

Kiper Jerman tersebut menepis tembakan Houssem Aouar dan Moussa Dembele yang terjadi dalam rentang waktu tiga menit saja.

Penyerang Barcelona Ousmane Dembele memberikan ancaman bagi kubu Lyon pada menit ke-19 saat ia melewati penjagaan bek Lyon dan tinggal berhadapan dengan sang kiper, Anthony Lopes. Sayangnya, peluang emas itu berhasil dihentikan.

Tim tamu unggul dalam penguasaan bola di sepanjang pertandingan tetapi tidak bisa mengonversikan banyak peluang yang mereka buat, termasuk beberapa serangan balik.

Pertandingan di babak kedua dibuka dengan peluang dari pemain Lyon Memphis Depay pada menit ke-52. Pemain asal Belanda tersebut mendapatkan bola liar dan melepaskan tembakan voli, yang sayangnya masih melebar di samping gawang Ter Stegen.

Memasuki menit ke-65, Barcelona melahirkan peluang berbahaya melalui kaptennya Lionel Messi. Permainan satu-duanya bersama Dembele diakhiri dengan tembakan mendatar ke gawang Lyon, tetapi Lopes berhasil menghalaunya.

Dua peluang lahir dari Luis Suarez pada menit ke-70 dan 74. Percobaan pertama ia lakukan saat menerima umpan dari Jordi Alba dengan tembakan mendatarnya, tetapi bola masih menyamping di sisi kanan gawang. 

Penyerang berpaspor Uruguay tersebut kembali mendapat umpan dari Jordi Alba dan menendangnya ke arah gawang, yang diselamatkan oleh Lopes.

Empat menit sebelum waktu normal berakhir, Anthony Lopes kembali melakukan penyelamatan gemilang saat permainan operan Messi, Vidal, dan Jordi Alba berakhir di kaki Sergio Busquets, yang langsung melepaskan tembakan. Peluang tersebut dihalau oleh kiper asal Portugal itu.

Hasil tersebut membuat Barcelona gagal meraih kemenangan dalam enam pertandingan tandang terakhir mereka di fase knockout Liga Champions, yang terakhir kali menang saat melawan Arsenal pada Februari 2016.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga