Taklukkan Toyota FC 3-0, PSM Tutup Fase Grup Tanpa Kekalahan

Taklukkan Toyota FC 30 PSM Tutup Fase Grup Tanpa Kekalahan (Dok: PSM Makassar)

Covesia.com - Klub PSM Makassar berhasil menuntaskan fase grup Piala AFC 2019 tanpa merasakan sekali pun kekalahan setelah di pertandingan keenam sukses menaklukkan tim Lao Toyota FC di Stadion Nasional, Vientiane, Laos, Selasa (14/5/2019) dengan skor 3-0.

Dikutip dari laman resmi AFC di Jakarta, ketiga gol kemenangan tim yang berjuluk Juku Eja ini dicetak oleh Rasyid Bakri (43'), Saldi (74') dan Guy Junior (86').

Tiga poin dari partai tersebut membuat PSM Makassar, yang sebelumnya sudah dipastikan lolos ke semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019, menyelesaikan penyisihan grup dengan 14 poin hasil empat kali kemenangan, dua seri dan tanpa pernah kalah.

Pada laga tersebut, pelatih PSM Makassar Darije Kalezic memilih untuk mengistirahatkan para pemain utamanya seperti Eero Markkanen, Willem Jan Pluim, M. Rahmat dan Rizky Pellu, tidak membawa mereka ke Laos.

Skuat berjuluk Juku Eja pun sempat kesulitan di 10 menit awal pertandingan, tetapi perlahan-lahan mereka tampil lebih baik.

Percobaan-percobaan PSM kemudian datang dari Hasyim Kipuw dan Saldi gagal mengubah skor, PSM akhirnya mencetak gol pada menit ke-43 melalui sepakan kaki kiri Rasyid Bakri, memanfaatkan umpan Bayu Gatra.

Skor 1-0 tidak berubah sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, PSM tetap dengan dominasinya. Tendangan bebas Marc Klok sempat mengejutkan di menit ke-72 yang membuat kiper Lao Toyota Outthilath Nammakhoth harus berjibaku di bawah gawang.

Dua menit setelahnya, PSM baru dapat menciptakan gol kedua dari kaki Saldi. Lagi-lagi Bayu Gatra menjadi pengirim umpan.

Itu menjadi assist keempat Bayu Gatra di Piala AFC 2019 dan membuatnya menjadi pembuat assist terbanyak sementara Piala AFC 2019 bersama Nguyen Quang Hai (Hanoi FC), Ryutaro Megumi (Tampines Rovers) dan Stephan Schrock (Ceres Negros).

Unggul 2-0 tidak membuat PSM mengendurkan serangan. Hasilnya, PSM membuat skor menjadi 3-0 setelah Guy Junior membuat gol di menit ke-86, mengonversi umpan Saldi.

Tidak ada perubahan skor lagi usai gol tersebut. Kedudukan 3-0 untuk kemenangan PSM bertahan hingga pertandingan tuntas.

Berikut susunan pemain kedua tim

Lao Toyota FC: Outthilath Nammakhoth-pg, Bounphithak Chanthalangsy, Saison Khounsamnan, Phoutdavy Phommasane, Somsavath Sophabmixay, Rafael, Soma Otani, Kazuo Homma (kapten), Victor Amaro, Ketsada Souksavanh, Manolom Phetphakdy.

PSM Makassar: Rivki Mokodompit-pg, Zulkifli Syukur (kapten, 71', Asnawi Mangkualam), Reva Adi Utama (80', Beny Wahyudi), Marc Klok, Hasyim Kipuw, Munhar, Rasyid Bakri, Bayu Gatra, Guy Junior, Muhammad Arfan (77', Takwir), Saldi. 

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga