Penyisihan Grup A Copa Amerika 2019: Venezuela Tahan Imbang Brasil Tanpa Gol

Penyisihan Grup A Copa Amerika 2019 Venezuela Tahan Imbang Brasil Tanpa Gol (@CopaAmerika)

Covesia.com - Brasil gagal meraih kemenangan di laga kedua di Grup A Copa America 2019 setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Venezuela. Pada laga tersebut dua gol Brasil dianulir oleh wasit lewat video assistant referee (VAR).

Pada laga yang digelar di Fonte Nova Arena, Salvador, Rabu (19/6/2019) pagi WIB, Brasil mampu mendominasi pertandingan. Namun gol Brasil yang dicetak oleh Gabriel Jesus dan Coutinho dianulir oleh wasit.

Dengan hasil tersebut, Brasil masih memimpin klasemen Grup A dengan empat poin dari dua pertandingannya sama dengan Peru. Sementara Venezuela di posisi ketiga dengan dua poin dari dua laganya.

Jalannya Pertandingan

Venezuela lebih dulu mencoba menekan lewat sepakan kaki kanan Yordan Osorio dari luar kotak penalti namun masih dapat diblok di menit ke-7. Setelah itu, Brasil mulai melakukan tekanan ke pertahanan Venezuela.

Pada menit ke-10, sebuah sundulan Roberto Firmino menyambut crossing Dani Alves masih dapat diblok. Lima menit kemudian ancaman dari David Neres lewat sepakan kaki kirinya masih melenceng tipis di samping kiri gawang.

Brasil masih melanjutkan tekanannya. Pada menit ke-17, usaha Richarlison lewat sepakan kaki kanannya masih dapat diamankan kiper Venezuela Wuilker Fariñez. Sementara Venzuela juga mencoba memberikan ancaman ke pertahanan Brasil.

Sebuah peluang dimiliki Salomón Rondón lewat sundulannya namun masih melenceng di sisi kiri gawang Brasil di menit ke-19. Sementara usaha Darwin Machis lewat sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti dapat diamankan Alisson di menit ke-25.

Dani Alves mencoba peluangnya lewat tendangan bebasnya namun masih belum membuahkan hasil di menit ke-32. Philippe Coutinho juga sempat mengancam lewat sepakan kaki kanannya memanfaatkan crossing Dani Alves namun masih dapat diblok.

Hingga turun minum belum ada gol yang tercipta dari kedua tim.  Di babak kedua, Brasil masih melanjutkan tekanannya. Namun peluang Roberto Firmino di menit ke-49 dan juga David Neres satu menit berselang masih dapat diblok.

Firmino kembali menekan namun dua peluang yang dimilikinya masih melenceng dari target Selanjutnya, Gabriel Jesus yang masuk menggantikan Richarlison di babak kedua juga beberapa kali mengancam gawang Venezuela.

Di menit ke-60, Gabriel Jesus berhasil menjebol gawang Venezuela namun gol itu dianulir setelah wasit melihat VAR.  

Dalam tayangan ulang, Roberto Firmino lebih dulu dalam posisi offside sebelum memberi umpan kepada Jesus.

Brasil masih melanjutkan tekanannya dan tendangan keras Arthur dari luar kotak penalti masih melambung. Sementara usaha Fernandinho lewat sundulannya masih berada di samping kiri gawang Venezuela di menit ke-73.

Venezuela juga masih mencoba membuka peluanya lewat sepakan Arquímedes Figuera yang masih melenceng. Pada menit ke-87, Coutinho berhasil mencetak gol lewat sepakannya di depan gawang setelah memanfaatkan sebuah crossing.

Namun, wasit kembali melakukan komunikasi dengan panjaga VAR guna mengeceknya dan gol Brasil kembali dianulir oleh wasit. Brasil masih mencoba memanfaatkan sisa waktu dan peluang terakhir Fernandinho ke tiang jauh masih melebar.

Hingga akhir pertandingan tetap tidak ada gol yang tercipta dan skor tetap 0-0 bagi kedua tim.

Susunan Pemain

Brasil: Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Casemiro (Fernandinho 57'), Arthur; Richarlison (Jesus 46'), Philippe Coutinho, David Neres (Everton 72'); Roberto Firmino.

Venezuela: Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Mikel Villanueva, Ronald Hernandez; Junior Moreno; Darwin Machis (Figuera 76'), Yangel Herrera (Soteldo 67'), Tomas Rincon, Jhon Murillo; Salomon Rondon (Martinez 86')

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga