Terungkap! Ini Alasan Klopp Tolak Tangani Manchester United

Terungkap Ini Alasan Klopp Tolak Tangani Manchester United Juergen Klopp

Covesia.com - Sebelum melatih Liverpool, Juergen Klopp diklaim pernah menolak tawaran menangani Manchester United. Klopp rupanya tidak suka dengan bagaimana MU dikelola.

Pelatih Jerman itu menjadi rebutan klub-klub top setelah sukses membangun reputasinya di Borussia Dortmund. Klopp memimpin Dortmund memenangi dua titel Bundesliga, sekali Piala DFB, dan maju ke final Liga Champions.

Di sisi lain, MU sedang mencari manajer yang cocok sejak ditinggal pensiun Sir Alex Ferguson pada 2013. Kabarnya, Setan Merah mengajukan penawaran kepada Klopp sebelum akhirnya menunjuk Louis van Gaal.

Klopp kemudian meninggalkan Signal Iduna Park pada akhir musim 2014/15, sebelum bergabung Liverpool untuk menggantikan Brendan Rodgers pada Oktober empat tahun silam. Mantan pemain top Liverpool Robbie Fowler menyebut, Klopp menolak MU karena terlalu fokus mendapatkan keuntungan komersial ketimbang membangun skuatnya.

"Saya melakukan sebuah wawancara dengan dia beberapa tahun yang lalu dan dia bilang kepada saya bahwa dia menolak beberapa klub superkaya setelah Dortmund," tulis Fowler dalam kolomnya di Mirror.

"Salah satu dari mereka sudah pasti Manchester United, yang lain mungkin Real Madrid, karena dia benci dengan bagaimana mereka fokus melulu pada sisi komersial," ungkap mantan striker top Liverpool itu.

"Dia bilang dia menyukai Liverpool karena mereka memiliki keseimbangan dalam hal finansial yang diperlukan untuk meraih prestasi dan sejarah, serta identitas klub dan fans-nya."

Ketika Liverpool terus menanjak di tangan Klopp, MU justru terus menurun pasca era Ferguson. The Red Devils belum sekalipun bisa juara Liga Inggris lagi, bahkan hanya dua kali finis empat besar dalam enam musim terakhir.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga