Tagar Bongkar Skandal Fomula E Trending, Warganet Tagih Uang yang Telah Disetor Pemprov DKI

Tagar Bongkar Skandal Fomula E Trending Warganet Tagih Uang yang Telah Disetor Pemprov DKI Sumber: facebook.com/aniesbaswedan

Covesia.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi menunda gelaran Formula E pada 6 Juni mendatang. Penundaan ajang balap mobil listrik tingkat dunia ini mendapat sorotan banyak pihak.

Warganet di media sosial ramai-ramai membuat tagar bongkar skandal Fomula E (#BongkarSkandalFormulaE).

Berdasarkan laman trends24.in, tagar #BongkarSkandalFormulaE masuk dalam daftar trending topik di Twitter sejak Kamis (12/3/2020) siang. Lebih dari 12 ribu kicauan memakai tagar itu.

Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean ikut meramaikan tagar tersebut. Ia mengunggah ulang cuitan akun Twitter @jr_kw19 yang menyematkan tagar #BongkarSkandalFormulaE.

Dalam cuitan itu, @jr_kw19 menunjukkan video cuplikan pernyataan Ferdinand dalam program acara di stasiun televisi iNews bertajuk "Karena Korona Formula E Ditunda".

Ferdinand, di acara tersebut, mengatakan, "Jakarta ini memang masih banyak kebutuhan lain, karena anggaran Formula E cukup fantastis Rp 1,6 triliun, menurut perkataan Pak Anies itu tiga tahun ini masih merugi, kalau merugi ya untuk apa dilakukan?"

Sementara itu akun @jr_kw19 setuju dengan pernyataan Ferdinand tersebut.

"Setuju dengan Ferdinand, Anies harus memutuskan Formula E tidak saja ditunda tapi dibatalkan untuk tahun ini karena perhitungannya 3 tahun akan merugi lebih baik gunakan yang lebih bermanfaat," tulisnya.

Warganet lain mempertanyakan anggaran hingga Rp 360 milyar yang telah dibayarkan kepada pihak Formula E.

"Anies sudah menunda event balap Formula E, alasannya karena khawatir akan wabah virus Corona masuk Indonesia, yang dibawa oleh para wisatawan dari luar negri. Lalu gimana dgn uang rakyat yang sudah dibayarkan kepada pihak Formula E hingga Rp 360 Milyar?" tanya @Bangzul__88.

Ada pula warganet yang menyoroti kawasan Monas yang hancur karena rencananya dipakai untuk sirkuit Formula E.

"Kawasan Monas dihancurkan jadi track Formula E. Lalu biar makin terkenal di dunia & akhirat, Formula E resmi DITUNDA karena Corona. Siapa bilang Formula E DITUNDA? DISETUJUI JUGA KAGAK," tulis @RizmaWidiono.

Nasib Rp 360 Miliar

Demi pegelaran acara Formula E, Anies harus membayar biaya komitmen tiap musimnya. Anies telah membayar Rp 360 miliar yang dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Meski gelaran dibatalkan, Anies mengatakan uang yang sudah disetor tak akan hangus.

"Tidak ada yang hangus. Jadi kalau dari sisi biaya, tidak ada yang hangus," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2020).

Anies menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan FIA untuk pembatalan ini. Menurutnya pihak penyelenggara dan FIA memaklumi kondisi yang saat ini sudah dianggap sebagai kondisi luar biasa atau force majeure.

"Karena memang ini adalah force majeure," pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga

`