Qualcomm Lakukan Tes Modem 5G Pertama untuk Perangkat Mobile

Qualcomm Lakukan Tes Modem 5G Pertama untuk Perangkat Mobile Modem Qualcomm X50 5G untuk perangkat mobile

Covesia.com - Qualcomm mengumumkan bahwa perusahaan mereka telah menyelesaikan uji pertama koneksi 5G pada perangkat mobile.

Tes tersebut menggunakan modem X50 5G setahun yang lalu dan dilakukan pada pita frekuensi gelombang milimeter 28GHz, informasi dikutip covesia dari laman The Verge, Selasa (17/10/2017).

Qualcomm mengatakan, modem tersebut dapat mencapai kecepatan gigabit. Namun kecepatannya bisa 5Gbps setelah pemasangan 5G selesai penuh.

Desain referensi smartphone 5G pertamanya akan digunakan untuk menguji modem, radio, dan jaringan 5G smartphone, saat mereka bersiap untuk merilis smartphone yang kompatibel dengan 5G pada paruh pertama tahun 2019.

Untuk membuat modem X50 bekerja dalam bentuk smartphone, Qualcomm mengembangkan antena gelombang milimeter baru. Hal tersebut bisa sesuai dengan dua antena ini di smartphone, dan merupakan desain gelombang milimeter terkecil yang pernah ada, rencananya akan mengecilkannya lagi 50 persen selama dua belas bulan ke depan.

Selain berita 5G, Qualcomm juga telah mengumumkan serangkaian komponen yang akan memudahkan produsen perangkat untuk mendukung spektrum 600MHz terbaru T-Mobile yang saat ini dalam penyebaran.

Saat ini, satu-satunya smartphone yang bisa memanfaatkan spektrum baru adalah LG V30. Meskipun Qualcomm mengharapkan lebih banyak ponsel untuk mendukungnya sebelum akhir tahun ini dan memasuki awal tahun depan.

Qualcomm telah mengumumkan prosesor Snapdragon 636 baru untuk smartphone kelas menengah 636 menggantikan 630, yang baru saja mulai muncul di ponsel dalam beberapa bulan terakhir, dan memiliki peningkatan kinerja sebesar 40 persen.

Ini adalah chip 14nm (untuk perbandingan, Snapdragon 835 high-end adalah chip 10nm, angka lebih rendah lebih baik) dan mendukung ultrawide FHD + display, koneksi LTE 600Mbps, dan kamera hingga 24 megapiksel.

Qualcomm mengatakan, chip baru tersebut akan dikirimkan ke pelanggannya mulai bulan November nanti. Jadi, kemungkinan akan ada sekitar setahun sebelum muncul di smartphone.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga