Para Ilmuwan AS Menciptakan Kulit yang Bisa Dicangkokan ke Robot

Para Ilmuwan AS Menciptakan Kulit yang Bisa Dicangkokan ke Robot Foto : Universal

Covesia.com - Dikutip covesia dari laman Mirror, Jumat (20/10/2017), para ilmuwan di Amerika Serikat telah menciptakan "kulit" buatan yang fleksibel. Kulit tersebut bisa dicangkokan ke robot di masa depan.

Penemuan baru ini akan memungkinkan humanoids memiliki sentuhan seperti manusia, yang pada gilirannya dapat membuat mereka lebih baik dalam melakukan tugas tertentu. Meski revolusioner, idenya juga nampaknya sedikit menyeramkan.

Tim insinyur, dari University of Washington, membuat kulit dari karet silikon yang sama seperti kacamata renang dan menyematkannya dengan saluran kecil setengah lebar rambut manusia. Setiap saluran diisi dengan logam cair konduktif elektronik yang tidak akan membusuk dari waktu ke waktu dengan cara yang sama seperti kabel standar.

Mereka juga membiarkan robot untuk menangkap getaran dan tekanan karena "kulit" membentang di atas sensornya.

"Jika robot akan membongkar alat peledak improvisasi, perlu diketahui apakah tangannya tergelincir di sepanjang kawat atau menariknya," jelas Jonathan Posner, seorang penulis senior dalam penelitian tersebut.

Penemuan ini juga akan membuka pintu bagi robot yang melakukan tugas yang lebih bernuansa manusia, salah satunya seperti berjabat tangan. "Kami telah mencapai tingkat sensitivitas dan presisi yang konsisten dengan tangan manusia," Posner menegaskan.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga