Jepang Mulai Berkebun Tanpa Sinar Matahari

Jepang Mulai Berkebun Tanpa Sinar Matahari Kebun dalam ruangan di Jepang (dokumen Mirror)

Covesia.com - Mirai, perusahaan produk pertanian di Jepang menglaim dapat menghasilkan sayuran selada ditanam dalam ruangan tanpa sinar matahari langsung. Bahkan, sayuran selada yang ditanam tersebut 100 kali lebih produktif daripada selada yang ditanam di kebun.

Penanaman selada yang dilakukan di sebuah gudang gua di Provinsi Miyagi yang pernah diguncang gempa tahun 2011 itu dapat mengurangi 80% limbah dan menghemat air. Tidak hanya itu, dengan cara ini berkebun pun bisa dilakukan secara vertikal sehingga luas lahan dapat dioptimalkan.

Untuk menanam selada di dalam ruangan, digunakan 17.500 lampu yang diatur dengan panjang gelombang tertentu agar selada dapat tumbuh dengan cepat dan sehat. Selain selada, sayuran jenis lain juga dapat tumbuh lebih baik dalam pabrik ini sehingga, pasokan makanan dapat dihasilkan dengan lebih cepat dan efisien..

"Saya percaya bahwa, setidaknya secara teknis kita dapat menghasilkan hampir semua jenis tanaman di pabrik," kata Shigeharu Shimamura, CEO Mirai yang dilansir Covesia dari Mirror, Rabu (14/1/15).

Rencananya, pabrik serupa akan dibuka di Hong Kong, Rusia, Cina, dan Mongolia. Pabrik tersebut akan sangat berguna di daerah-daerah terkena banjir atau kelaparan.

(osd/zik)

Berita Terkait

Baca Juga