Google Resmi Merilis OS Android 9.0, Android Pie

Google Resmi Merilis OS Android 90 Android Pie OS Aandroid 9.0, Android Pie / Android P

Covesia.com - Google resmi merilis OS Android 9.0, Android Pie.

Android Pie membawa sejumlah fitur baru dihadirkan Google pada pembaruan OS Android 9 ini, diantaranya : 

1. Sistem navigasi baru.

Pada OS Android sebelumnya, pengguna menggunakan tiga tombol navigasi di bagian bawah, yaitu Home, Back dan Multitasking. Namun di Android P pengguna hanya akan menggunakan satu tombol untuk melakukan navigasi.

Cara menggunakannya penggguna cukup mengeser ke atas untuk membuka app drawer. Geser ke kiri dan kanan untuk membuka aplikasi yang sedang berjalan. 

2. Adaptive battery dan adaptive brightness

Fitur ini memanfaatkan machine learning (AI) untuk menyesuaikan setting baterai dan layar sesuai kebiasaan penggunanya.

selain itu, machine learning (AI) pada OS android P ini juga membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal lebih cepat dengan App Actions,serta  memprediksi apa yang pengguna ingin lakukan selanjutnya berdasarkan kebiasaan pengguna.

3. Fitur Slices

Fitur ini memungkinkan pengguna lebih praktis memakai aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus mengakses aplikasi tersebut.

Selain tiga fitur tersebut, Android P juga menyematkan fitur dashboard Digital Welbeing,  yang akan menunjukkan seberapa lama pengguna mengakses smartphone dan aplikasi.

fitur tersebut bertujuan untuk mengatasi kecanduan orang pada smartphone. Jika pengguna merasa 'berlebihan' menggunakan smartphone mereka, pengguna dapat membatasi waktu memakai aplikasi dengan App Timer.

Saat ini Pembaruan  OS Android Pie baru tersedia untuk pengguna ponsel Pixel milik Google dan baru akan tersedia dalam beberapa waktu kedepan untuk Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21, OnePlus 6.

(Olg)

Berita Terkait

Baca Juga